Berita Pangkalpinang

Setelah Lebaran, Hari Ini Diprediksikan Puncak Arus Balik ke Babel

Puncak arus balik ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diprediksikan akan terjadi hari ini, minggu (9/6/2019).

Setelah Lebaran, Hari Ini Diprediksikan Puncak Arus Balik ke Babel
Dokumen Bangka Pos
Arus mudik di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Kabupaten Bangka Barat H-2 Lebaran Senin (3/6/2019) berjalan lancar. 

BANGKAPOS.COM - Puncak arus balik ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diprediksikan akan terjadi hari ini, minggu (9/6/2019).

Kepala Dinas Perhubungan Babel, KA Tajjudin mengatakan puncak arus balik melalui moda angkutan laut dan angkutan udara terjadi hari ini lantaran berakhirnya waktu libur panjang dan cuti bersama.

"Senin besok aktivitas perkantoran terutama perkantoran pemerintah sudah melaksanakan kegiatan rutinnya seperti biasa, pasca menjalani liburan hari raya Idulfitri, puncak arus balik bisa dibilang hari ini," kata Tajjudin, minggu (9/6/2019).

Ia menyebutkan, peningkatan arus balik sudah mulai sejak H+1 lebaran, terutama yang menggunakan moda angkutan laut dan penyeberangan.

"Pergerakan arus balik di pelabuhan Tanjung Kalian itu mulai H+1, sudah ada kendaraan mulai mengikuti antrian sekitar 100 meter di luar pintu gerbang pelabuhan Tanjung Kalian. Hari-hari berikutnya sampai dengan H+3 pasca lebaran antrian arus balik di Tanjung Kalian terus bertambah," sebutnya.

Hal ini juga terjadi di Pelabuhan Tanjung Api-Api Palembang yang mulai ada antrian kendaraan sejak H+1 lebaran.

"Antrian kendaraan arus balik dari palembang menuju Bangka juga menunjukkan peningkatan dengan formasi yang panjang sampai pintu gerbang Pelabuhan Tanjung Api-Api," katanya.

Meskipun sudah terjadi antrian, Tajjudin meyakini seluruh kendaraan maupun pemudik akan terangkut ke masing-masing tujuan.

"InshaAllah bisa terangkut semua, baik kendaraan yang di Tanjung Kalian maupun di Tanjung Api-Api, karena operasional kapal dan pelabuhan kembali diberlakukan selama 24 jam," sebutnya.

Menurutnya, mudik tahun ini, menimbulkan kesan tersendiri yang memiliki nilai positif karena selama pemudik melakukan aktivitas mudik dan balik bersilaturahmi idulfitri, tidak ada kesan kejengkelan dan kekesalan terpancar di wajah pemudik.

"Meskipun menempuh perjalanan yang jauh, harus antri dan melelahkan, tetapi pemudik tetaplah menunjukkan semangat dan kegembiraan dalam menikmati perjalanan mudik dan baliknya," katanya.

Pihaknya, hingga saat ini belum ada pemudik yang menyampaikan keluhan. Kendati demikian pihak penyelenggara dan pengelola yang berwenang tetaplah harus berupaya melakukan pembenahan serta memaksimalkan pelayanan sebaik-baiknya untuk pemudik.

(Bangka Pos/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved