Berita Pangkalpinang

Belum Ada Sidak yang Dilakukan Pemprov Babel, Sekda Sudah Minta Kepala OPD Monitor Kehadiran ASN

Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memonitor kehadiran kehadarian ASN di masing-masing OPD pada hari pertama kerja pasca cuti dan libur

Belum Ada Sidak yang Dilakukan Pemprov Babel, Sekda Sudah Minta Kepala OPD Monitor Kehadiran ASN
Bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Sekda Babel Yan Megawandi 

BANGKAPOS.COM-- Sekretaris Daerah Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi mengatakan, sudah meminta masing-masing kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memonitor kehadiran kehadarian ASN di masing-masing OPD pada hari pertama kerja pasca cuti dan libur Idulfitri 1440 Hijriah, Senin (10/6/2019). "Untuk memonitor itu sesuai dengan edaran Menpan RB itu. Sanksinya kan ada sesuai edaran Menpan itu," kata Yan.

Hingga pukul 10.00 WIB, belum ada terpantau inspeksi mendadak (sidak) kehadiran ASN yang dilakukan di Pemprov Babel seperti di daerah-daerah lainnya. Pantauan bangkapos.com pada hari pertama kerja ini, para ASN terlihat bersalam-salaman seusai apel mingguan di halaman Kantor Gubernur Babel pagi tadi. "Tetapi kalau melihat secara kasat mata (kehadiran di Setda), banyak yang hadir," kata Yan

Menurut Yan, sidak belum dilakukan karena ada beberapa agenda yang mesti segera dituntaskan pada hari pertama kerja ini. Beberapa di antaranya adalah terkait menyelesaikan pembahasan anggaran untuk 2020, anggaran perubahan, dan percepatan raperda rencana zonasi dan wilayah laut yang saat ini tengah digodok bersama DPRD Babel.

"Karena di tahun 2019 ini, kami masih ingin menjadi yang pertama menyelesaikan RAPBD. Di 2018 lalu kami sudah menjadi yang pertama. Kami juga sudah dikoprdinasikan DPRD supaya tahun ini tetap menjadi yang tercepat. Makanya kami concern ke situ, termasuk membahas anggaran perubahan juga, kemudian yang mau dipercepat rencana zonasi tata ruang laut. Jadi cukup banyak yang mesti di speed up setelah lebaran Idulfitri ini, mudah-mudahan cepat selesai," tutur Yan.

Sebelumnya, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman berharap para ASN Pemprov Babel punya kesadaran dan disiplin tinggi pada hari pertama masuk kerja pasca libur panjang dan cuti bersama Idulfitri 1440H, Senin (10/6) ini. Dia menyebut para ASN tak perlu lagi diingatkan terkait ini karena seharusnya sudah paham dengan kewajiban mereka. "Biasa, tidak perlu lagi diingatkan. ASN pemprov ini sudah lebih baik, sudah tahu kewajibannya apa. Tidak perlu lagi diancam-ancam dengan sidak-sidak," kata Erzaldi beberapa waktu lalu.

Menurut Erzaldi, para ASN juga sudah tahu konsekeuensinya jika melanggar disiplin. "Sudah tahu semua mereka. Kalau tidak masuk, sudah tahu sanksinya. Dan itu memang kami terapkan," kata dia.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) untuk tidak melanggar kedisiplinan setelah menjalani libur Lebaran. "ASN supaya jangan terlambat. Tanggal 10 Juni 2019 harus masuk. Kalau tidak, ada sanksinya," kata Syafruddin saat ditemui di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2019) seperti dikutip Kompas.com.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengeluarkan surat resmi nomor N/26/M.SM.00.01/2019 tentang Laporan Hasil Pemantauam Kehadiran Aparatur Negara Sesudah Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Surat yang ditandatangani Menteri PAN RB Syafruddin tersebut meminta para pejabat pembina kepegawaian, baik instansi pusat atau daerah untuk memantau kehadiran ASN pada hari pertama masuk kerja setelah cuti bersama hari Lebaran, yaitu pada 10 Juni 2019.

Peraturan tersebut mewajibkan hasil pemantauan dilaporkan ke Kemenpan RB melalui laman https://sidina.menpan.go.id maksimal pada 10 Juni 2019 pukul 15.00 WIB. Ditegaskan, ASN yang tidak masuk kerja tanpa alasan sah pada hari tersebut, akan dijatuhi sanksi hukuman disiplin. (Bangkapos.com/Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved