Berita Pangkalpinang

Pantau Kehadiran ASN di Pemprov Babel, BKPSDM Babel Ambil Sampel di Sejumlah OPD

Pihaknya akan mengecek kembali sampel sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada hari pertama

Pantau Kehadiran ASN di Pemprov Babel, BKPSDM Babel Ambil Sampel di Sejumlah OPD
Bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Kepala BKPSDM Babel Sahirman Jumli 

BANGKAPOS.COM-- Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kepulauan Bangka Belitung Sahirman Jumli mengatakan, pihaknya akan mengecek kembali sampel sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada hari pertama kerja pasca libur dan cuti Idulfitri 1440 Hijriah, Senin (10/6/2019). Beberapa sampel' akan diambil secara acak pada OPD yang dinilai rentan.

Daftar presensi dan kehadiran pegawai akan dicek. "Siapa tahu masih ada yang belum masuk kerja. Prinsipnya, kalau harus sudah mulai masuk, setiap pelanggaran sudah kami perhitungkan, bisa dengan surat peringatan, dan akan mempengaruhi penilaian kinerja mereka," ungkap Sahirman ditemui di ruang kerjanya, Senin (10/6/2019).

Ia mengatakan, tidak ada yang boleh mengajukan cuti tambahan dan izin setelah libur dan cuti Idulfitri 1440H. Hasil pantauan kehadiran akan dilaporkan ke Kemenpan RB pada hari ini. "Kami akan laporkan bagaimana hasil monitor kami ke pusat," ucap Sahirman.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi mengatakan, sudah meminta masing-masing kepala OPD untuk memonitor kehadiran ASN di masing-masing OPD pada hari pertama kerja pasca cuti dan libur Idulfitri 1440 H, Senin (10/6/2019). "Untuk memonitor itu sesuai dengan edaran Menpan RB itu. Sanksinya kan ada sesuai edaran Menpan itu," kata Yan.

Hingga pukul 10.00 WIB, terpantau belum ada inspeksi mendadak (sidak) kehadiran ASN yang dilakukan di Pemprov Babel seperti di daerah-daerah lainnya. Pantauan Bangka Pos pada hari pertama kerja ini, para ASN terlihat bersalam-salaman seusai apel mingguan di halaman Kantor Gubernur Babel pagi tadi.

"Tetapi kalau melihat secara kasat mata (kehadiran di Setda), banyak yang hadir," kata Yan.

Disisi lain Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) untuk tidak melanggar kedisiplinan setelah menjalani libur Lebaran. "ASN supaya jangan terlambat. Tanggal 10 Juni 2019 harus masuk. Kalau tidak, ada sanksinya," kata Syafruddin, Rabu (5/6/2019) seperti dikutip Kompas.com.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengeluarkan surat resmi nomor N/26/M.SM.00.01/2019 tentang Laporan Hasil Pemantauam Kehadiran Aparatur Negara Sesudah Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Surat yang ditandatangani Menteri PAN RB Syafruddin tersebut meminta para pejabat pembina kepegawaian, baik instansi pusat atau daerah untuk memantau kehadiran ASN pada hari pertama masuk kerja setelah cuti bersama hari Lebaran, yaitu pada 10 Juni 2019.

Peraturan tersebut mewajibkan hasil pemantauan dilaporkan ke Kemenpan RB melalui laman https://sidina.menpan.go.id maksimal pada 10 Juni 2019 pukul 15.00 WIB. Ditegaskan, ASN yang tidak masuk kerja tanpa alasan sah pada hari tersebut, akan dijatuhi sanksi hukuman disiplin. (Bangkapos.com/Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedy Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved