Berita Pangkalpinang

Pekan Ini Pemprov Babel Sampaikan Usulan Kebutuhan Rekrutmen ASN 2019

Pekan ini Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kepulauan Bangka Belitung akan menyampaikan usulan kebutuhan ASN

Pekan Ini Pemprov Babel Sampaikan Usulan Kebutuhan Rekrutmen ASN 2019
Dokumen Bangka Pos
Peserta upacara hari lahir pancasila, Sabtu (1/6/2019) 

BANGKAPOS.COM - Pekan ini Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kepulauan Bangka Belitung akan menyampaikan usulan kebutuhan ASN pada rencana rekrutmen ASN 2019.

Kepala BKPSDM Babel Sahirman Jumli mengatakan, sebelum lebaran lalu pihaknya telah menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain di Pemprov Babel mengenai kebutuhan ASN masing-masing OPD.

Selain FGD, BKPSDM juga menyurati masing-masing OPD untuk menyampaikan kebutuhan ASN mereka paling lama Rabu (12/6/2019), untuk selanjutnya tanggal Jumat (14/6/2019) pekan ini, BKPSDM akan menyampaikan usulan tersebut ke Kemenpan RB.

"Itu terakhir waktu kami sampaikan ke Kemenpan RB," kata Sahirman, Senin (10/6/2019).

Sejumlah kebutuhan ASN terkait program strategis Pemprov Babel seperti Pariwisata, Kelautan dan Perikanan, dan sejumlah tenaga terkait pelayanan dasar sebagaimana yang diminta oleh Kemenpan RB akan diusulkan. Menurut Sahirman, jika Kemenpan RB telah meminta pengajuan usulan seperti ini maka besar kemungkinan rekrutmen ASN tahun ini jadi dilaksanakan. Diperkirakan tes akan dilaksanakan pada September tahun ini.

"Kalau Kemenpan RB sudah minta, dan sudah kita usulkan, maka ini jadi. Hanya tinggal berapa jumlah formasi, kebutuhannya apa saja karena mereka sudah beri peluang itu, 30 persen untuk ASN, 70 persen untuk P3K, diutamakan zero growth untuk mengganti yang pensiun, kami tinggal inventasiasi kebutuhan dari OPD," tutur Sahirman.

30 Persen CPNS, 70 Persen PPPK

Kompas.com memberitakan, alokasi pegawai pemda tahun ini akan terdiri dari 30 persen untuk CPNS dan 70 persen untuk PPPK, yang diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan pegawai di bidang pelayanan dasar pada satuan/unit kerja di daerah terpencil, tertinggal, dan terluar dengan memberi kesempatan kepada pegawai non-PNS yang saat ini masih aktif bekerja, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Badan Kepegawian Negara (BKN) mengungkapkan kebutuhan pegawai aparatur sipil negara secara nasional tahun angaran 2019. Kebutuhan itu dibeberkan melalui akun Twitter BKNgoid.

Dari data yang diungkap tersebut, terungkap pemerintah membutuhkan 254.173 pegawai. Jumlah tersebut terdiri dari 46.25 pegawai pemerintah pusat, sisanya yakni 207.748 kebutuhan untuk pemerintah daerah.

Dari 46.425 pegawai yang dibutuhkan pemerintah pusat, kuota PNS sebanyak 23.213 pegawai. Sebanyak 17.519 akan diisi oleh pelamar umum, sedangkan 5.694 diisi oleh sekolah kedinasan, sisanya sebanyak 23.212 lowongan akan diisi oleh PPPK/P3K.

Sementara itu, pemerintah daerah membutuhkan 62.324 PNS baru. Dari jumlah itu, 62.249 akan diisi oleh pelamar umum, sedangkan 75 posisi akan diisi oleh siswa sekolah kedinasan. Sedangkan alokasi untuk PPPK/P3K di pemerintah daerah sebanyak 145.424.

(Bangka Pos/ Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved