Susul Amerika dan Rusia, China Berhasil Luncurkan Roket dari Tengah Laut untuk Pertama Kalinya

Susul Amerika dan Rusia, China Berhasil Luncurkan Roket dari Tengah Laut untuk Pertama Kalinya . . .

Susul Amerika dan Rusia, China Berhasil Luncurkan Roket dari Tengah Laut untuk Pertama Kalinya
The Guardian
Bendera Republik Rakyat China 

Susul Amerika dan Rusia, China Berhasil Luncurkan Roket dari Tengah Laut untuk Pertama Kalinya

BANGKAPOS.COM -- China dilaporkan telah berhasil meluncurkan roket ke luar angkasa dari platform mobile di Laut Kuning untuk pertama kali, dengan membawa 5 satelit komersial dan 2 satelit uji teknologi satelit ke luar angkasa.

Adapun kabar tersebut dikabarkan oleh Administrasi Antariksa Nasional China (CNSA) yang diumumkan Rabu (5/6/2019) kemarin.

Keberhasilan ini menjadikan China sebagai negara ketiga setelah Amerika Serikat (AS) dan Rusia yang berhasil menguasai dan meluncurkan teknologi roket dari platform yang terletak di laut.

Roket Long March 11 ditembakkan pada jam 12:06 malam waktu setempat dari Laut Kuning dan menempatkan tujuh satelit pada orbit yang direncanakan, kata CNSA.

Adapun diantara kelebihan roket berketinggian 21 meter yang diluncurkan dari anjungan di laut itu adalah penghematan biaya, sekaligus mengurangi risiko kerusakan di wilayah daratan jika roket jatuh.

5 Dampak Buruk Mengonsumsi Bubble Tea Bagi Kesehatan Tubuh, dari Jantung, Asam Urat Hingga Simbelit

Sebegaimana dikutip dari asia.nikkei, para pengamat berpendapat bahwa keberhasilan itu adalah sinyal ke Amerika Serikat tentang kemampuan teknologi maritim dan dirgantara China di tengah ketegangan antara kedua belah pihak atas perang perdagangan dan kontroversi teknologi 5G.

Meskipun peluncuran dinyatakan sebagai tes tetapi sebenarnya berhasil menempatkan satelit milik Cina di orbit seperti yang diinginkan.

Satelit yang diluncurkan itu termasuk juga untuk prakiraan cuaca dan sistem navigasi kapal.

Peluncuran berbasis kapal memberikan mobilitas yang lebih besar, dan tidak mengharuskan penduduk di dekatnya diungsikan untuk keselamatan.

Halaman
12
Penulis: Asmadi PS (spa)
Editor: asmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved