Berita Pangkalpinang

Dinas Lingkungan Hidup Pangkalpinang Masih Kekurangan Armada Pengangkut Sampah

Plt Kabid Pengelolaan Sampah, B3 dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Pangkalpinang, Faisal, mengatakan, masih kekurangan armada

Dinas Lingkungan Hidup Pangkalpinang Masih Kekurangan Armada Pengangkut Sampah
Bangkapos.com/Agus Nuryadhyn
Petugas kebersihan saat membersihkan dan mengangkut sampah yang menumpuk sejak Senin, (3/6/2019) 

BANGKAPOS.COM-- Plt Kabid Pengelolaan Sampah, B3 dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Pangkalpinang, Faisal, mengatakan, pihaknya masih kekurangan armada pengangkut sampah.

Saat ini Dinas Lingkungan Hidup Pangkalpinang hanya memiliki 21 unit truk sampah. Sedangkan, menurut Faisal yang dibutuhkan untuk menangani permasalahan angkutan sampah di Pangkalpinang dibutuhkan sekitar 30 unit truk.

Selain truk sampah, DLH hanya memiliki empat unit amrol, 42 motor sampah dan dua mobil sweeping.

"Kita punya saat ini baru bisa mengakomodir 70 sampai 80 persen sampah di Pangkalpinang. Tiap tahun kita ajukan ke pemerintah daerah, tetapi balik lagi melihat anggaran yang dimiliki," kata Faisal kepada bangkapos.com, Selasa (11/6/2019).

Diakuinya, truk sampah yang biasa digunakan petugas pun dikatakan tidak layak berkendara. Pasalnya, kelayakan truk untuk beroperasi maksimal tujuh tahun, namun masih ada beberapa truk sampah yang usianya melebihi batas layak pakai kendaraan.

Dia menyebut, penambahan unit angkutan sampah baru seharusnya diberikan secara berkala setiap tahun, minimal dua unit agar memaksimalkan pengangkutan sampah.

"Ada yang sudah 24 tahun usia truk sampah nya. Tidak layak lagi untuk dikendarai, tapi masih kami paksa mengingat unit kita hanya sekian," ucapnya.

Sedangkan untuk petugas kebersihan total keseluruhan yakni 393 orang, terdiri dari tenaga kebersihan, petugas di TPA (tempat pembuangan akhir) dan pengomposan serta petugas dititik-titik kecil seperti kawasan Tampuk Pinang Pura. (Bangkapos.com/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved