Berita Pangkalpinang

Diserang Wabah Ulat Bulu, Warga Pangkalarang Serbu Posko Obat Gratis

Ratusan warga RT 05, RT 06, RT 07, dan RT 08 terlihat memadati posko darurat yang dibuka oleh Puskesmas Pangkalbalam di teras seorang warga setempat.

Diserang Wabah Ulat Bulu, Warga Pangkalarang Serbu Posko Obat Gratis
Bangkapos.com/Muhammad Rizki
Warga yang terkena wabah ulat bulu menyerbu obat gratis yang diberikan Puskesmas Pangkalbalam. 

BANGKAPOS.COM-- Ratusan warga RT 05, RT 06, RT 07, dan RT 08 terlihat memadati posko darurat yang dibuka oleh Puskesmas Pangkalbalam di teras seorang warga setempat.

Menindaklanjuti keluhan warga Pangkalarang Kecamatan Pangkalbalam yang terkena wabah ulat bulu, yang membuat sekujur tubuh warga timbul bintik-bintik merah gatal.

Puskesmas Pangkalbalam membuka posko darurat untuk memberikan bantuan sementara kepada warga yang terkena wabah ini.

Surveilans Puskesmas Pangkalbalam Hery mengatakan jika pemberian obat bagi warga ini hanya untuk sekedar penanggulangan awal, sebelum diketahui pasti penyebab gatal-gatal yang menyerang warga.

Meskipun banyak warga yang meyakini wabah gatal-gatal yang menyerang mereka dikarenakan wabah ulat bulu, Hery mengatakan bahwa pihaknya yang sudah mulai terjun ke lapangan sejak hari, Sabtu (08/06/2019), belum mengetahui pasti penyebab gatal-gatal yang menyerang warga.

Sehingga selagi menunggu penyebab pasti, pihak puskesmas masih berfokus untuk memberikan pengobatan kepada warga. 

"Untuk penyebabnya sampai sekar ang kami belum mengetahui pasti, yang pasti untuk saat ini kami obati dulu masyarakatnya, karena untuk penyebabnya masih simpang siur," ujar Herry, Selasa (11/6) saat ditemui bangkapos.com.

Obat-obatan yang diberikan kepada warga berupa obat dalam dan obat luar, seperti saleb untuk gatal-gatal. Semua obat-obatan ini diberikan gratis oleh puskesmas. Bahkan baru beberapa jam dibuka, obat-obatan ini sudah ludes diserbu warga.

Hery mengatakan, dalam satu minggu ini pihak puskesmas akan terus bersiaga membantu warga yang terserang wabah ini, dan ia mengimbau kepada warga yang tidak tercover di posko untuk langsung menuju ke Puskesmas Pangkalbalam.

"Karena posisi puskesmas kita ga jauh dari sini, buat warga yang belum tercover kita imbau untuk langsung ke puskesmas," tutup Hery. (Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

 

Penulis: Maggang (mg)
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved