Berita Sungailiat

Kakek 77 Tahun Terseret Gelombang Sejauh 40 Meter Akhirnya Meninggal Dunia

Korban ditemukan kurang satu jam dalam kondisi kritis. Sayangnya, saat akan dibawa ke RSUD, korban menghembuskan nafas terakhir

Kakek 77 Tahun Terseret Gelombang Sejauh 40 Meter Akhirnya Meninggal Dunia
IST/ Tim Identifikasi Satpolair Polres Bangka
Tim Identifikasi Polres Bangka didampingi Kasat Polair Polres Bangka AKP Elpiadi memeriksa jasat korban tenggelam, Yaya Lataparang (77), Selasa (11/6/2019) di RSUD Depati Bahrin Sungailiat Bangka. 

BANGKAPOS.COM -- Perairan Pantai Sungailiat Bangka kembali menelan korban. Kali ini seorang pengunjung pantai bernama Yaya Lataparang (77) terseret gelombang. Korban ditemukan kurang satu jam dalam kondisi kritis. Sayangnya, saat akan dibawa ke RSUD, korban menghembuskan nafas terakhir, Selasa (11/6/2019) petang.

Kapolres Bangka AKBP Budi Arianto diwakili Kasat Polair AKP Elpiadi dikonfirmasi bangkapos.com, Selasa (11/6/2019) menjelaskan seputar kronologis kejadian.

Peristiwa tersebut bermula sekitar pukul 14.00 WiB, awalnya korban bersama sepuluh orang keluarganya berada di Pantai Batu Bedaun Sungailiat. Namun korban mengajak keluarganya pindah lokasi ke pantai Rambak Sungailiat, untuk berenang.

"Kemudian sekira pukul 14.40 WIB mereka tiba di Pantai Rambak dan korban langsung berenang," kata Kasat.

Sebenarnya pihak keluarga sempat mencegah korban agar tidak langsung berenang, tetapi korban tak menghiraukan larangan itu. Korban berenang di sisi batu, dan tidak lama kemudian korban terlihat mengapung semakin ke tengah lautan.

"Korban dibawa arus kurang lebih 40 meter dari bibir pantai dengan posisi mengapung hingga bertahan lebih kurang 20 menit. Keluarga korban masih sempat berusaha untuk menolong tetapi tidak bisa dikarenakan terhalang hempasan gelombang," katanya.

Kemudian keluarga korban meminta tolong pada warga setempat yang bertugas sebagai pegawai warung pantai atas nama Dalmin (38). Pertolongan dilakukan menggunakan alat ringboy, dibantu nelayan lokal yang sedang berada di sekitar Pantai Rambak menggunakan perahu.

Tubuh korban berhasil digapai dan dibawa ke tepi pantai lalu diberikan pertolongan pertama melalui cara menekan dada dan mengangkat kaki hingga posisi terbalik yang dilakukan oleh saksi atas nama Erik Kiswanto (32), Warga Jelutung Sungailiat.

"Hingga akhirnya korban mengeluarkan air dari mulut dan muntah hingga korban terlihat bernafas lalu disarankan dibawa ke rumah sakit guna dilakukan pertolongan pertama. Tapi setiba di RSUD (Depati Bahrin Sungailiat)) korban bernyawa lagi dan dinyatakan telah meninggal dunia," katanya.

Terkait peristiwa ini, polisi sempat meminta keterangan pada sejumlah anggota keluarga dan saksi lainnya. Keterangan yang didapat polisi antara lain dari anak korban atas nama Yursar Rifal (41), status Warga Makasar Propinsi Sulawesi Selatan.

"Awalnya korban dan keluarga berada di Pantai Batu Bedaun kemudian dikarenakan cuaca buruk angin kencang korban mengajak keluarganya upindah ke Pantai Rambak dan korban mengatakan bahwa disana pantainya bagus. Setibanya di Pantai Rambak korban mengeluarkan makanan dan menyiapakan makanan untuk keluarganya kemudian korban berjalan langsung ke bibir pantai," kata Kasat mengutip keterangan anak korban.

Anak korban tidak menyangka korban akan berenang dikarenakan korban tidak membawa baju salin. Anak korban hanya melihat korban ke bibir pantai dan sang anak berpikir bahwa korban hanya bermain air di pinggir laut. Namun tidak lama kemudian korban terbawa arus dan tenggelam dalam posisi terungkup. Pihak keluarga sempat berusaha menolong namun tidak membuahkan hasil karena korban sudah jauh terbawa arus.

"Yang jelas setelah kejadian meninggalnya korban, jasatnya telah identifikasi oleh Unit Iden Polres Bangka serta pemeriksaan oleh pihak RSUD (Depati Bahrin) Sungailiat. Hasilnya, tidak ada tanda-tanda kekerasan pada tubuh mayat (Yaya Lataparang)," jelas Kasat.

(Bangka Pos/Fery Laskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved