Berita Pangkalpinang

Pasca Lebaran, Volume Sampah yang Dibuang Masyarakat di Kota Pangkalpinang Mencapai 1.025 Ton

Volume sampah di Pangkalpinang pada H+7 lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah mencapai 1.025 ton. Sampah-sampah ini didominasi oleh sampah rumah tangga.

Pasca Lebaran, Volume Sampah yang Dibuang Masyarakat di Kota Pangkalpinang Mencapai 1.025 Ton
Bangkapos.com/Ira Kurniati
Plt Kabid Pengelolaan Sampah, B3 dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Pangkalpinang, Faisal 

BANGKAPOS.COM-- Volume sampah di Pangkalpinang pada H+7 lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah mencapai 1.025 ton. Sampah-sampah ini didominasi oleh sampah rumah tangga.

Plt Kabid Pengelolaan Sampah, B3 dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Pangkalpinang, Faisal, mengatakan, di H+5 sudah mulai kelihatan peningkatan volume sampah lantaran aktivitas masyarakat sudah berjalan seperti biasa. Faisal menyebut, volume sampah ditahun 2019 mengalami peningkatan sekitar dua hingga tiga persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Semakin banyak penduduk dan aktivias masyarakat, bisa dipastikan volume sampah di kawasan tersebut pun semakin banyak. Penanganan sampah disesuaikan dengan jumlah penduduk nya," kata Faisal saat dikonfirmasi bangkapos.com, Selasa (11/6/2019).

Dia mengatakan titik yang memiliki volume sampah paling banyak diantara kawasan lain yakni di Kecamatan Tamansari dan Gerunggang. Pada hari normal biasanya, volume sampah mencapai sekitar 130 ton per hari nya. Petugas kebersihan pun telah dikerahkan dan melaksanakan tugas untuk mengangkut sampah sesuai aturan yang telah berjalan di dinas lingkungan hidup.

Petugas sampah ada yang dibekali motor sampah. Mereka memgangkut sampah door to door (rumah ke rumah). Ada yang menggunakan mobil sweeping, mobil ini juga menjemput bola untuk memgangkut sampah, dan ada petugas dengan truk yang mengangkut sampah di jalan arteri, yakni menyapu bersih sampah sepanjang jalan yang dilewati. (Bangkapos.com/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved