Berita Sungailiat

Pendatang Banyak Datang ke Kabupaten Bangka Setiap Tahun, Ini Datanya

Selain penduduk banyak yang datang setiap tahunya, juga banyak penduduk yang keluar setiap tahunya dari tiga tahun terakhir terjadi peningkatan.

Pendatang Banyak Datang ke Kabupaten Bangka Setiap Tahun, Ini Datanya
Dokumen Bangka Pos
Ilustrasi - Arus mudik di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Kabupaten Bangka Barat H-2 Lebaran Senin (3/6/2019) berjalan lancar. 

BANGKAPOS.COM -- Berdasarkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka tiga tahun terakhir, Penduduk pendatang yang menetap datang ke Bangka mengalami peningkatan dari tahun 2016 sebanyak 4069, 2017 sebanyak 4182, dan 2018 sebanyak 4511.

"Data tiga tahun terakhir penduduk pendatang yang menetap, kalau yang bersifat sementara pasca lebaran belum ada yang melapor,"ungkap Kabid Pelayanan, Pendaftaran Penduduk, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka, Agus Supriyatna, kepada bangkapos.com, Selasa (11/6/2019).

Sementara menurut Agus, selain penduduk banyak yang datang setiap tahunya, juga banyak penduduk yang keluar setiap tahunya dari tiga tahun terakhir terjadi peningkatan.

"Kalau kita liat dari data rill dalam data base kita memang setiap tahunnya meningkat. Namun hal ini berimbang dengan yang keluar, kalau kita liat dari data lebih banyak yang keluar dari pada masuk, dari tahun 2016 sebanyak 8486 penduduk, 2017 sebanyak 8047 penduduk, dan 2018 sebanyak 8581 penduduk,"ungkapnya.

Dengan banyaknya penduduk masuk dan keluar, ia harapkan warga yang menetap di Bangka bisa tertib administrasi agar bisa terdata oleh pihak Dinas nantinya.

"Himbauan kita untuk tertib administrasi kependudukan bagi penduduk pendatang yang ingin menetap di Kabupaten Bangka sebaiknya dengan pindah jiwa, surat keterangan pindah itu salah satu syarat. Artinya dengan SKP tersebut kita cukup menarik data penduduk dari daerah asal bukan sistim pendaftaran baru,"tukasnya

(Bangka Pos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved