Berita Pangkalpinang

BKPSDM Pangkalpinang Ciptakan Aplikasi SMILE, Wali Kota Dipermudah Ketahui Identitas ASN dan Honorer

Aplikasi ini dinamai SMILE (Sistem Manajemen Informasi Layanan Kepegawaian Elektronik) yang bisa diakses melalui gawai.

BKPSDM Pangkalpinang Ciptakan Aplikasi SMILE, Wali Kota Dipermudah Ketahui Identitas ASN dan Honorer
Dokumen Bangka Pos
Kepala BKPSDM Pangkalpinang, Agung Yubi 

BANGKAPOS.COM - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pangkalpinang menciptakan inovasi baru untuk memantau dan mengetahui profil setiap aparatur sipil negara (ASN) di Pemerintah Kota Pangkalpinang.

Kepala BKPSDM Pangkalpinang, Agung Yubi mengatakan inovasi ini berupa aplikasi untuk mempermudah kepala daerah mengetahui jajaran ASN dengan melihat secara rinci informasi mengenai diri dan kinerja ASN.

Aplikasi ini dinamai SMILE (Sistem Manajemen Informasi Layanan Kepegawaian Elektronik) yang bisa diakses melalui gawai. Aplikasi ini menyediakan database pegawai untuk memudahkan mengambil keputusan dan kebijakan oleh kepala daerah.

Belum dilaunching secara resmi oleh Wali Kota. Aplikasi ini baru diciptakan di awal bulan Mei lalu dan saat ini sedang melakukan pilot project di empat OPD  seperti sekretariat DPRD, Dinas Perkim, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan serta BKPSDM.

"Tentu ini bermanfaat bagi kepala daerah untuk melihat database dari ASN. nanti secara rinci mengai riwayat organisasi, identitas maupun riwayat hukum dapat tergambar disitu. Di Indonesia belum dimiliki aplikasi ini, kalau Pangkalpinang jadi, ini akan menjadi yang pertama," tukas Agung Yubi, Rabu (12/6/2019).

Namun tidak sembarangan dalam membuat identitas diri ASN. Masing-masing ASN akan menginput data diri mereka di tiap OPD. Kemudian data diri tersebut terlebih dahulu diverifikasi oleh OPD bersangkutan lalu dikirim ke BKPSDM. Sesuai dengan pengecekan dan kevaliditas data, maka BKPSDM akan memverifikasi data tersebut kemudian ditampilkan.

"Track record (rekam jejak) ASN ini akan diketahui. Jadi mudah untuk melihat background maupun hal-hal lain menyangkut pekerjaan dia. Insyallah Juli nanti pilot project direncanakan selesai. Untuk saat ini yang saya rencanakan bisa dilihat melalui playstore, pak Wali Kota dengan mudah melihat keakuratan data dari ASN. Apalagi untuk mengambil kebijakan dan keputusan. Bisa cek namanya, lalu muncul mengenai database dia secara rinci. Namun yang punya akses untuk mengupdate cuma kami. Kami yang nanti rencananya punya server disini sebagai ruang pelaksananya," pungkas Agung.

Selain ASN  direncanakan juga akurat data untuk para honorer. Agung menyebut, bagi pegawai yang menyalahgunakan isian data dan editing akan diberikan sanksi sesuai aturan yang ditetapkan nanti.

Manfaat dari aplikasi Smile ini untuk menyebarluaskan penerapan penggunaan sistem informasi kepegawaian di seluruh OPD dan pengembangan aplikasi terpadu kepegawaian.

Aplikasi ini ditujukan untuk memberi manfaat mempercepat laporan kepegawaian yang akurat dan tepat waktu untuk pengambilan kebijakan kepala daerah dalam mengambil keputusan. Juga mempermudah pengawasan atas data kepegawaian dan meningkatkan efisiensi serta efektivitas kualitas kinerja dalam pelaksanaan administrasi kepegawaian seluruh ASN.

(Bangka Pos/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved