Berita Pangkalpinang

Heboh Suara Ledakan Disertai Getaran di Belitung, Ini Penjelasan BMKG Pangkalpinang

Netizen heboh, dikejutkan dengan terdengarnya suara ledakan yang disusul dengan getaran pada hari Selasa (11/06/2019) malam

Heboh Suara Ledakan Disertai Getaran di Belitung, Ini Penjelasan BMKG Pangkalpinang
Bangka Pos/Muhammad Rizki
Kepala seksi data dan informasi BMKG Klas I Pangkalpinang, Kurniaji 

BANGKAPOS.COM-- Netizen heboh, dikejutkan dengan terdengarnya suara ledakan yang disusul dengan getaran pada hari Selasa (11/06/2019) malam di Belitung yang menjadi perbincangan hangat di dunia maya.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Pangkalpinang, Kurniaji membenarkan hal tersebut, namun apa yang menjadi penyebab ledakan yang disusul oleh getaran seperti gempa bumi tersebut, BMKG belum bisa memastikan.

"Iya benar, tapi dari data yang kita punya tidak ada aktivitas gempa di wilayah sana, jadi belum bisa dipastikan penyebab getaran dan ledakan semalam itu karen apa," jelas Kurniaji, Rabu (12/6) saat dihubungi via telepon.

Suara Dumm dan Getaran Misterius Seperti Gempa Bumi Hebohkan Belitung

Ia meragukan jika getaran tersebut terjadi karena adanya gempa, sebab jika memang gempa, maka sistem dari BMKG akan langsung merekam gempa tersebut, baik BMKG Padang Panjang, atau pun pusat kegempaan BMKG Jakarta.

Namun saat ia mencoba untuk mengkonfirmasi perihal gempa tersebut, tidak mendapatkan adanya data jika terjadi aktivitas gempa di wilayah Belitung.

Ia juga mengatakan adanya keganjilan jika gempa terlebih dahulu dimulai dengan ledakan, karena umumnya gempa bumi berasal langsung dari bawah permukaan bumi, sehingga tidak menyebabkan ledakan.

"Mungkin bisa saja dikarenakan adanya aktivitas eksternal daratan, seperti pemotongan batu gunung atau aktivitas proyek lainnya. Kalau memang gempa biasanya ga ada ledakan, memang getaran yang berasal dari dalam bumi," kata Kurniaji.

Menurutnya, dari internal BMKG pun hal ini berangsur-angsur sudah tidak lagi dibahas, karena memang tidak ada data terjadinya gempa bumi di wilayah Belitung. (Bangkapos/Muhammad Rizki)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved