Berita Bangka Selatan

Pengadilan Tinggi Babel Vonis Wakil Ketua DPRD Basel Tiga Bulan Pidana Percobaan

Wakil Ketua II DPRD Basel, Samsul Bahri, melakukan banding ke Pengadilan Tinggi (PT) Bangka Belitung. Berdasarkan vonis yang dijatuhkan PT Babel

Pengadilan Tinggi Babel Vonis Wakil Ketua DPRD Basel Tiga Bulan Pidana Percobaan
bangkapos/riki
Samsul Bahri 

BANGKAPOS.COM-- Wakil Ketua II DPRD Basel, Samsul Bahri, melakukan banding ke Pengadilan Tinggi (PT) Bangka Belitung. Berdasarkan  vonis yang dijatuhkan PT Babel, lebih ringan dibandingkan putusan Pengadilan Negeri (PN) Sungailiat, beberapa waktu lalu.

Dimana Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Babel, menjatuhkan vonis terhadap Samsul Bahri, selama tiga bulan pidana percobaan enam bulan, denda denda 1.000.000 subsidair satu bulan.

Putusan PT ini, lebih rendah, dibandingkan putusan PN Sungailiat sebelumnya yang menjatuhkan vonis enam bulan penjara terhadap Ketua DPC partai Gerindra Bangka Selatan tersebut.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Basel, menuntut Samsul Bahri dengan dua bulan pidana penjara.

Samsul Bahri, dinyatakan bersalah karena telah menggunakan fasilitas pemerintah berupa kendaraan dinas
Honda CRV warna putih plat merah BN 8 E saat berkampanye.

Dalam amar putusannya, Samsul Bahri dijerat Pasal 521 junto Pasal 280 ayat 1 huruf a Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama tiga bulan percobaan dan denda sejumlah 1.000.000 dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak di bayar di ganti dengan pidana kurungan selama satu bulan. Memerintahkan pidana tersebut, tidak perlu di jalani, kecuali dikemudian hari terdakwa dengan putusan hakim, terdakwa dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana sebelum, lalu tempo masa percobaan yang lamanya enam bulan," jelas Deny memaparkan salinan amar putusan Samsul Bahri, Rabu (12/6/2019).

Sementara Samsul Bahri, legowo dan berbesar hati atas putusan PT Babel tersebut. Bagi, Samsul, sebagai warga negara yang baik, dirinya wajib menghormati putusan pengadilan.

"Karena ini putusan Pengadilan, tentunya sebagai warga negara Indonesia wajib kita hormati dan terima," ujar Samsul melalui pesan Whatsapp (Wa), Rabu (12/6/2019). (Bangkapos.com/Anthoni)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved