Suka Duka Sugiono Mempertahankan Kerajinan Pewter di Pangkalpinang hingga Rela Berutang

Suka Duka Sugiono Mempertahankan Kerajinan Pewter di Pangkalpinang hingga Rela Berutang

Suka Duka Sugiono Mempertahankan Kerajinan Pewter di Pangkalpinang hingga Rela Berutang
Bangkapos.com
Perajin Pewter Pangkalpinang, Sugiono 

SUARA radio nyaring terdengar seakan beradu dengan mesin bubut milik Sugiono (52) pengrajin Pewter (cenderamata terbuat bahan dasar timah-red), kamis (23/5/2019) pagi.

Bapak dua anak itu, bersama tiga orang pekerjanya terlihat telaten merakit satu demi satu lempengan berbahan dasar timah untuk membuat replika jembatan emas.

Hiasan jembatan emas sebagai ikon Provinsi Kepulauan Bangka Belitung harus dibuat seindah mungkin.

Selain sebagai cenderamata khas Provinsi kepulauan Bangka Belitung, pewter kerap menjadi pajangan atau hiasan di ruang tamu.

Itulah satu kesibukan dari Sugiono dan tiga pekerja di kediamannya di Jl Depati Hamzah Gang Kalamaya 2 Kelurahan Bacang Kecamatan Air Itam Kota Pangkalpinang.

Menjadi perajin Pewter sudah dilakoni Sugiono sejak puluhan tahun lalu, tepatnya sejak tahun 1993 lalu hingga sekarang.

Dirinya tetap eksis dengan keahliannya membentuk lempengan berbahan dasar timah menjadi kerajinan yang cantik dan bernilai tinggi.

Keahlian menjadi perajin pewter sendiri diakui Sugiono didapatnya ketika mengikuti pelatihan dari PT Timah selama 45 hari tahun 1986 lalu.

Berbekal dari pelatihan itulah pria yang hanya tamatan SMA ini menjelma menjadi perajin Pewter yang mumpuni. Tidak jarang hasil kerajinannya dikenal hingga keluar daerah, bahkan sampai ke Thailand.

“ Dulu, awalnya yang mengajak saya ikut pelatihan paman saya bilang ada pelatihan di PT Timah, Terus setelah ikut pelatihan selama 45 hari. Sebelumnya saya tamat SMA kerjanya serabutan jadi tukang sapu, ngelas dan sebagainya, kemudian diajak bekerja seperti di yayasan Perwter milik ibu Dharmawanita PT Timah tahun 1993, itulah awal saya bergelut di dunia pewter,” ungkap Sugiono.

Halaman
123
Penulis: zulkodri
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved