Berita Pangkalpinang

Babel Tidak Memiliki Alat Peringatan Dini Tsunami, Ini Penjelasan BMKG

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang di kelilingi oleh lautan, belum memiliki pendeteksi dini jika akan terjadinya bencana alam gempa bumi

Babel Tidak Memiliki Alat Peringatan Dini Tsunami, Ini Penjelasan BMKG
Bangkapos.com/Muhammad Rizki
Kepala kelompok analisa prakiraan BMKG pangkalpinang Slamet Supriyadi. 

BANGKAPOS.COM-- Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang di kelilingi oleh lautan, ternyata hingga saat ini belum memiliki pendeteksi dini jika akan terjadinya bencana alam gempa bumi atau tsunami.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kelompok Analisa Prakiraan BMKG Pangkalpinang, Slamet Supriyadi saat ditemui bangkapos.com di ruang kerjanya, Kamis (13/6/2019).

Menurutnya, Babel tidak memerlukan alat pendeteksi dini peringatan tsunami, karena menurutnya tidak ada potensi tsunami di Babel. Dan hingga saat ini juga belum ditemukan alat yang bisa memprediksi gempa.

"Hingga saat ini belum ada alat atau teknologi yang dapat memprediksi gempa, sehingga tidak ada yang namanya peringatan dini gempa. Yang ada hanya peringatan dini tsunami," ungkap Slamet.

Ia menilai, ebenarnya gempa itu tidak menyebabkan korban jiwa, namun efek dari gempa tersebutlah yang dapat menyebabkan korban jiwa, seperti tertimpa reruntuhan bangunan, dan efek dari gempa yang paling banyak menyebabkan korban jiwa adalah tsunami.

"Biasanya sistem peringatan dini itu lebih ke tsunami, karena yang paling banyak memakan korban adalah tsunami itu sendiri," tegas Slamet.

Oleh karena itu, untuk saat ini juga pemasangan sistem peringatan dini tsunami hanya dipasang di daerah, yang secara historis pernah dilanda tsunami.

Sedangkan di Babel masih relatif aman, dan secara historis pun di Babel belum ada catatan gempa dengan kekuatan yang besar terlebih lagi bencana tsunami. (Bangkapos/Muhammad Rizki)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved