Berita Pangkalpinang

Dinkes Babel Ragukan Penyebab Penyakit Gatal Warga Pangkalbalam karena Ulat Bulu

Dinkes masih dalam proses pemeriksaan perihal timbulnya bintik-bintik merah yang disertai rasa gatal yang menyerang warga di Pangkalbalam.

Dinkes Babel Ragukan Penyebab Penyakit Gatal Warga Pangkalbalam karena Ulat Bulu
Dokumen Bangka Pos
Sampel ulat bulu yang diambil Dinas Pertanian Babel untuk diidentifikasi, Rabu (12/6/2019) 

BANGKAPOS.COM - Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung (Babel), diwakili oleh Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, Rais Haru mengatakan jika Dinkes masih dalam proses pemeriksaan perihal timbulnya bintik-bintik merah yang disertai rasa gatal yang menyerang warga di Pangkalbalam.

Ia mengatakan jika dalam waktu dua hari lagi Dinkes sudah bisa melihat apa penyebab penyakit yang menyerang warga Pangkalbalam tersebut, dan ia menjelaskan jika hal ini belum bisa dikatakan wabah tapi masih dalam kategori keluhan masyarakat.

"Ya dua hari lagi lah diperiksa laboratorium," ujar Rais, Kamis (13/6) saat ditemui bangkapos.com dikantornya.

Saat tim dari Dinkes terjun langsung ke lokasi, Rais meragukan jika keluhan rasa gatal yang disampaikan oleh masyarakat disebabkan oleh ulat bulu, karena ia melihat jumlah ulat bulunya masih sedikit dan lokasi sarang ulat bulu yang berada di hutan bakau cukup jauh dari pemukiman penduduk.

Lebih lanjut Rais mengatakan jika yang terkena kontak langsung dengan ulat bulu hanya beberapa orang, namun yang terkena penyakit gatal ini ada tiga RT atau sudah lebih dari 300 warga yang mengeluhkan hal yang sama. Sedangkan rasa gatal dari ulat bulu tersebut tidak menular.

"Jadi ulat bulunya kan dihutan bakau, antara hutan bakau dan pemukiman penduduk kan ada sungai. Dan yang kontak dengan ulat bulunya hanya beberapa orang, tapi yang kena tiga RT. Padahal gatal karena ulat bulu itu tidak bisa menular," pungkas Rais.

(Bangka Pos/Muhammad Rizki)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved