Berita Pangkalpinang

Polda Babel Beberkan Modus Calo Jelang Pengumuman Tes Masuk Polri, Manfaatkan Celah Kuota

Mengantisipasi pihak yang memanfatkan celah untuk menipu peserta dan orangtua, jajaran Polda Kepulauan Bangka Belitung terus memberikan himbauan

Polda Babel Beberkan Modus Calo Jelang Pengumuman Tes Masuk Polri, Manfaatkan Celah Kuota
Dokumen Bangka Pos
Peserta tes masuk polri mendapatkan arahan di Poda Kep Bangka Belitung beberapa waktu lalu. 

BANGKAPOS.COM -- Saat ini tes penerimaan Polri di Polda Kepulauan Bangka Belitung sudah memasuki tes psikologi bagi peserta. Selanjutnya jika tes psikologi selesai dan lulus tes, maka akan menunggu pengumuman hasil akhir penerimaan.

Mengantisipasi adanya pihak yang memanfatkan celah untuk menipu peserta dan orangtua, jajaran Polda Kepulauan Bangka Belitung terus memberikan himbauan.

"Para calo berupaya mencari celah untuk bisa menipu peserta atau orangtua mereka dengan janji bisa meluluskan ini kita antisipasi," kata Kombes Pol Dien Irhastini Karo SDM Polda Kepulauan Bangka Belitung Kamis (13/6/2019)

Menurut Kombes Pol Dien Irhastini para calo kemungkinan akan memanfaatkannya celah terkait kuota yang didapat Polda Kepulauan Bangka Belitung untuk pendidikan Polri. Bisa jadi ada pihak pihak yang menakut-nakuti peserta atau orangtua. Apalagi jumlah peserta tes lulus hingga akhir sebelum pengumuman lebih banyak dari kuota.

Selanjutnya mereka menjajikan bisa memastikan lulus dengan meminta imbalan. Padahal dipastikan hal tersebut tidak mungkin terjadi dan diminta tidak mempercayainya karena kelulusan peserta merupakan murni apa yang didapat mereka saat mengikuti tahapan tes.

"Bisa jadi karena sebelumnya pihak tersebut pernah menghubungi mereka saat sudah lulus, mereka terus mengejar meminta imbalan," kata Kombes Pol Dien Irhastini.

Karo SDM Polda Kepulauan Bangka Belitung Kombes Pol Dien Irhastini
Karo SDM Polda Kepulauan Bangka Belitung Kombes Pol Dien Irhastini (Bangka Pos/Deddy Marjaya)

Ditambahkannya pihak pihak yang memanfaatkan celah untuk menipu peserta tes masuk Polri tidak hanya eksternal namun bisa juga internal Polri.

Dipastikan siapapun yang terlibat dan mencoba melakukan penipuan terhadap peserta tes akan ditindak tegas. Maka dari itu kepada masyarakat ataupun orangtua peserta tes tidak perlu takut dan segan melaporkan atau menginformasikan sehingga bisa diambil tindakan tegas.

"Apalagi kalau yang berbuat internal Polri saya pastikan akan ditindak tegas," kata Kombes Pol Dien Irhastini

Seperti diketahui sebanyak 1.407 orang yang ikuti seleksi tes mssuk Polri di Polda Kepulauan Bangka Belitung. Terdiri dari 1.174 peserta laki laki dan 233 orang peserta perempuan.

Seleksi terbanyak mengikuti tes bintara Polri sebanyak 1.073 orang, 219 seleksi Polwan, 66 orang seleksi lewat jalur Akpol, dan 40 orang ikuti seleksi Tamtama.

Jumlah tersebut saat ini sudah menyusut karena sudah melalui sejumah tes.

(Bangka Pos/Deddy Marjaya)

Penulis: deddy_marjaya
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved