Berita Sungailiat

Sebanyak 138 UMKM Terdata di Bangka, Kebanyakan Jual Produk Makanan

Hingga Mei 2019 sebanyak 138 UMKM yang terdata di Kabupaten Bangka, mereka menjual berbagai produk ke masyarakat Bangka

Sebanyak 138 UMKM Terdata di Bangka, Kebanyakan Jual Produk Makanan
Bangkapos.com/Riki Pratama
Kepala Dinas Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan UKM, Pemkab Bangka, Asmawi. 

BANGKAPOS.COM-- Kepala Dinas Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan UKM Kabupaten Bangka, Asmawi, mengatakan hingga Mei 2019 sebanyak 138 UMKM yang terdata di Kabupaten Bangka, mereka menjual berbagai produk ke masyarakat Bangka .

"Jumlah itu yang terbaru termonitor dan masih aktif, yang tidak aktif tidak di catatan, untuk sektornya banyak dari pengelolaan ikan, rias pengantin, buat tempe dan mie kebanyakan kuliner makanan,"ungkap Asmawi kepada bangkapos.com, Kamis (13/6/2019).

Ia mengatakan, bahwa saat ini banyak UMKM bermunculan di Bangka, sehingga perlu dilakukan pendataan agar para penggiat UMKM ini bisa mendapatkan perlindungan serta pembinaan dari pemerintah nantinya.

"Pendaftaran saat ini sangat gampang, bisa di urus dari rumah melalui online, namun bila belum familiar dengan itu datang ke kantor kita bimbing tetap melalui online, melalui komputer bisa tercatat langsung sampai ke pusat," imbau Asmawi.

Menurutnya dengan telah terdaftarnya UMKM maka akan berdampak pada perlindungan terhadap usaha pemilik UMKM agar bisa mempertahankan kualitas dan kehalalan prodaknya.

"Tentunya untuk kepentingan melindungi usaha mereka sendiri lebih baik harus mengurus izin, dan sangat gampang, familiar dengan internet, di akses dengan programnya, izin apa yang tidak mengerti akan di bimbing dan itu tidak lama, kemudian diiringi untuk pembuatan sertifikat halal kita akan mendorong ke situ," kata Asmawi. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved