Berita Pangkalpinang

Daya Tampung Terbatas, Orangtua Tak Mesti Daftarkan Anak ke Sekolah Negeri

Menurutnya baik sekolah negeri maupun swasta pada dasarnya sama saja dalam bidang kurikulum dan pembelajaran.

Daya Tampung Terbatas, Orangtua Tak Mesti Daftarkan Anak ke Sekolah Negeri
Dokumen Bangka Pos
Kasi peserta didik dan pembinaan karakter Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pangkalpinang, Suwardi. 

BANGKAPOS.COM -- Kepala seksi peserta didik dan pembinaan karakter Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pangkalpinang, Suwardi mengatakan untuk antisipasi daya tampung terbatas saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020 SD dan SMP. Pihaknya mengatakan agar tak harus memaksakan anak untuk bersekolah di sekolah negeri.

Menurutnya, baik sekolah negeri maupun swasta pada dasarnya sama saja dalam bidang kurikulum dan pembelajaran.

"Ada kenaikan cukup tinggi untuk penerimaan siswa baru tahun ini. Perlu disikapi dengan baik. Kami berharap orangtua tidak hanya memasukkan anak ke sekolah negeri, tetapi menyebar ke sekolah swasta karena daya tampung kita terbatas," ujar Suwardi, Jumat (14/6/2019).

Selain itu, kondisi sarana sekolah untuk di Pangkalpinang masih terbatas. Dinas pendidikan dan kebudayaan Pangkalpinang pun menerapkan satu sekolah dengan kapasitas minimal 32 siswa per kelas untuk SD dan SMP minimal 36 siswa. 

Dari data Dindikbud Pangkalpinang, jumlah sekolah negeri dan swasta untuk tingkat SD sebanyak 91 sekolah, sedangkan SMP swasta maupun negeri sebanyak 27 sekolah.

Sementara total siswa yang menamatkan SD tahun 2019 ada 3925 siswa. Untuk SMP ada 3467 siswa. Menurut Suwardi, jumlah yang akan masuk SMP meningkat sehingga diharapkan para orangtua dapat memilih dan mempertimbangkan dalam mendaftarkan sekolah anak.

Untuk sekolah negeri pendaftaran menggunakan sistem zonasi (jarak terdekat sekolah dengan tempat tinggal), namun untuk sekolah swasta tidak ditentukan dengan sistem tersebut.

(Bangka Pos/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved