Berita Pangkalpinang

Kecamatan Gerunggang Tiga Kali Mewakili Pangkalpinang Lomba Pemanfaatan Toga dan Akupresu

Tahun ini yang kelurahan yang dipilih yakni Kelurahan Bukit sari, dengan menampilkan asuhan mandiri kelompok beluntas.

Kecamatan Gerunggang Tiga Kali Mewakili Pangkalpinang Lomba Pemanfaatan Toga dan Akupresu
Bangka Pos/Ira Kurniati
Lahan yang dimanfaatkan untuk tanaman obat keluarga dan akupresur dari Kelompok Beluntas, Kelurahan Bukit sari, Kecamatan Gerunggang, Jumat (14/6/2019) 

BANGKAPOS.COM -- Kecamatan Gerunggang sudah tiga kali berturut-turut dalam tiga tahun terakhir menjadi perwakilan Pangkalpinang untuk lomba pemanfaatan toga dan akupresur di tingkat Provinsi Bangka belitung.

Camat Gerunggang, Khotaman Barkah, mengatakan tahun ini yang kelurahan yang dipilih yakni Kelurahan Bukit sari, dengan menampilkan asuhan mandiri kelompok beluntas. Dia mengatakan, pembinaan ini sudah dilakukan sejak 2018 lalu.

"ini tahun ketiga kita masuk dalam tingkat Provinsi. Kami berharap profil yang ditampilkan hasilnya baik dan dapat membawa nama Pangkalpinang serta manfaat bagi kita," kata Khotaman, Jumat (14/6/2019).

Sementara tim penilai lomba pemanfaatan toga dan akupresur, Hermain mengungkapkan poin yang penting dalam lomba diantaranya yakni dokumentasi dan kelengkapam profil yang nantinya akan dinilai oleh tim. Dia mengaku, cukup bangga dengan Pangkalpinang selama ditahun 2017 dan 2018 berhasil mendapatkan juara tingkat nasional.

Setelah dilakukan pemilihan dari tingkat kelurahan, ke kecamatan lalu tingkat kota hingga provinsi, nantinya hasil dan profil kelompok akan dikirimkan ke pusat untuk dilakukan penilaian. Hermain mengatakan, akhir Juni rencananya pengumuman pemenang lomba akan dibagikan.

"Secara mekanisme sudah melakukan proses-proses dengan baik. Yang penting itu dokumentasi, jadi setiap ada kegiatan atau momen didokumentasikan sebagai bukti untuk diprofil dan dinilai. Penting juga untuk menyempurnakan dokumen nya," tutur Hermain.

Pemanfaatan toga dan akupresur berada kawasan pemukiman warga. Sejumlah tanaman obat keluarga yang ditampilkan seperti kemuning, kumis kucing, temulawak dan tanaman obat lainnya.

(Bangka Pos/ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved