Berita Pangkalpinang

Peringati Hari UMKM Internasional Dinas KUMKM Babel Bakal Lakukan Ini

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menggelar kegiatan peningkatan kapasitas SDM

Peringati Hari UMKM Internasional Dinas KUMKM Babel Bakal Lakukan Ini
Dokumen Bangka Pos
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Babel, Elfiyena. 

BANGKAPOS.COM -  Dalam rangka memperingati hari UMKM Internasional yang jatuh pada 27 Juni mendatang, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menggelar kegiatan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia pelaku UMKM di Babel.

Kepala Dinas KUMKM Babel, Elfiyena menyebutkan, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan dan menambah wawasan para pelaku UMKM, dengan harapan nantinya produk UMKM tidak hanya di tembus pasar nasional namun juga ke pasar internasioanal.

Beberapa rangkaian kegiatan peringatan Hari UMKM Internasional diantaranya penandatanganan MoU antara International Council For Small Bussines (ICSB) Babel dengan Schoters platform. Selain itu juga ada bazar UMKM, talkshow, ICSB Academy dan beberapa lomba.

Rencananya, kegiatan ini akan dilaksanakan tepat tanggal 27 Juni di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai. Adapun lomba yang akan dilaksanakan yakni Bussines Plan, Photography, dan Stand Up Comedy.

"Dalam kesempatan ini, nanti akan disampaikan ke masyarakat Pemprov Babel sudah bekerjasama ICSB, nanti ada penandatanganan MoU dan ada ICSB Babel academy," katanya.

ICSB Babel Academy inilah yang nantinya akan membantu UMKM kita tidak hanya untuk memasarkan produk hingga ke luar negeri, namun juga memberikan pelatihan dan pembinaan bagi pelaku UMKM hingga membantu untuk pendidikan ke Luar Negeri dengan beasiswa.

Nantinya, jika ada UMKM atau masyarakat yang dapat lulus beasiswa pendidikan ke Luar Negeri, diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan pemerintah maupun pelaku UMKM untuk memasarkan produk.

"Kita mendorong agar ada yang bisa mendapatkan beasiswa di luar negeri, nanti ini akan dibins ICSB  melakukan mentoring untuk bisa menembus beasiswa ini bersama dengan Schoters," jelasnya.

Kata dia, kesempatan ini tidak hanya bagi pelaku UMKM saja, namun juga terbuka untuk umum. Diharapkan, nantinya mereka yang lolos belajar ke luar negeri baik short course maupun pendidikan formal, dapat kembali ke Babel dan menularkan ilmu ini kepada pelaku UMKM Babel.

"Ini upaya kita untuk meningkatkan kemampuan SDM kita dibidang UMKM, dalam acara ini kan nanti ada sharing season yang kita harapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan pelaku UMKM kita," katanya.

(Bangka Pos/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved