Berita Pangkalpinang

Siap-siap Awal Juli PPDB Dibuka untuk SD dan SMP

PPDB SD maupun SMP menggunakan sistem zonasi, memilih sekolah berdasarkan jarak terdekat dengan tempat tinggal

Siap-siap Awal Juli PPDB Dibuka untuk SD dan SMP
Bangka Pos/Ira Kurniati
Kasi peserta didik dan pembinaan karakter Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pangkalpinang, Suwardi. 

BANGKAPOS.COM -- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020 sebentar lagi akan dimulai. PPDB Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) menggunakan sistem zonasi, memilih sekolah berdasarkan jarak terdekat dengan tempat tinggal.

Kepala seksi peserta didik dan pembinaan karakter Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pangkalpinang, Suwardi, mengatakan, jawdal PPDB bagi SD maupun SMP di Pangkalpinang dibuka tanggal 2-5 Juli mendatang. Kemudian 5 dan 7 Juli akan dilakukan verifikasi, pada tanggal 8 Juli hasil akan diumumkan. Setelah itu pada 9 dan 10 Juli proses daftar ulang dan ditanggal 11-13 siswa melakukan masa orientasi atau pengenalan sekolah. Sedangkan masuk sekolah dimulai tanggal 15 Juli.

"Untuk masuk SD dalam Permendikbud nomor 15 tahun 2018 dijelaskan syaratnya, anak usia tujuh tahun wajib diterima. Kedua syarat kartu keluarga, kartu identitas anak sebagai syarat untuk penerimaan karena menggunakan sistem zonasi," kata Suwardi kepada bangkapos com, Jumat (14/6/2019).

"Kalau SMP sama halnya dengan SD harus menggunakan sistem zonasi, dengan syarat lain kartu keluarga, kartu identitas anak dan melampirkan surat hasil USBN nya," tambahnya.

Suwardi menuturkan, untuk zonasi SD dibagi menjadi empat, pertama yakni Kecamatan Rangkui, kemudian Kecamatan Girimaya-Bukit intan, Kecamatan Tamansari-Gerunggang dan Kecamatan Gabek-Pangkalbalam.

Sedangkan zonasi SMP terbagi dua yakni dizona satu ada Kecamatan Girimaya, Bukit Intan dan Rangkui. Lalu zona kedua meliputi Kecamatan Tamansari, Gerunggang, Gabek dan Pangkalbalam.

"Kami berharap PPDB dapat berjalan efektif, efisien dan diterima oleh semua pihak karena dasar pemerintah merencakan sistem zonasi untuk pemerataan pendidikan. Mari kita lakukan PPDB ini dengan benar," paparnya.

(Bangka Pos/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved