Berita Sungailiat

VIDEO : Paha Perempuan Ini Pernah Digigit Buaya di Kulong, Begini Ceritanya

Kisah yang terucap oleh perempuan setengah baya, bernama Bik Asma (60). Ia diserang buaya saat mandi di aliran air kolong tersebut.

BANGKAPOS.COM -- Penangkapan buaya pemangsa manusia, Jumat (14/6/2019) di Kulong Baye Sungailiat Bangka, meninggalkan banyak cerita. Satu di antaranya, kisah yang terucap oleh perempuan setengah baya, bernama Bik Asma (60). Ia diserang buaya saat mandi di aliran air kolong tersebut. Nyaris jadi santapan predator, sang nenek akhirnya selamat.

"Pukangku digigit baye pas nek mandik kek ngambik sholat pas magrib (paha saya digigit buaya waktu mandi dan berwudhu di kolong itu menjelang magrib -red)," kata Bik Asma ditemui bangkapos.com, Jumat (14/6/2019) siang di tengah keramaian warga, pasca penangkapan buaya oleh pasang buaya, Mang Syarif di Kulong Baye Lingkungan Sinarjaya Kelurahan Sinjay-Jelutung Sungailiat Bangka.

Bik asma (60) merupakan Warga RT 001 Lingkungan Sinarjaya Kelurahan Sinjay Jelutung Sungailiat, tepatnya berdomisili tak jauh dari lokasi penangkapan reptil ganas tadi.

"Waktu tu, ku nek besalin, tiba-tiba baye nyengkem pukangku, nya ngeluncat, langsung kutepak kek tangen pale baye tu (waktu itu, saya ingin ganti pakaian habis mandi, buaya menyambar gigit paha saya. Saya pukul kepala buaya, buaya melompat/melibas -red)," kata Bik Asma menyebut kejadian tersebut sekitar dua tahun silam.

Sejak kejadian ini, buaya di Kolong Baye nyaris tak tersentuh perburuan. Sebaliknya predator semakin merajalela. Tak hanya Bik Asma yang jadi sasaran, namun sejumlah warga lainnya pernah diserang buaya. Korban di antaranya bernama Mang Yuli, Mang Min dan masih banyak warga lainnya.

Bahkan pekerja tambang timah inkonvensional (TI) yang beroperasi di sekitar Kulong Baye, ikut jadi sasaran. Para pekerja tambang dikejar buaya saat mereka sedang berjalan atau berenang menyeberangi aliran anak sungai kolong tersebut, menuju ponton tambang.

"Sudah banyak pekerja tambang yang diincar buaya. Saya juga pernah, waktu sedang berenang dikejar buaya, untungnya tidak terjadi apa-apa karena cepat menyelamatkan diri," tambah Oka (30), warga setempat ditemui bangkapos.com di lokasi yang sama, Jumat (14/6/2019).

Kepala Lingkungan Sinarjaya, Kelurahan Sinjay Jelurung Sungailiat Bangka, Sopian, Jumat (14/6/2019) mengatakan sedikitnya ada empat ekor buaya di kolong itu.

"Ukuran buaya paling besar bobot sekitar 400 Kg. Baru satu ekor buaya yang ditangkap pawang karena sudah berkali-kali menggangu warga," katanya.

Korban masing-masing atas nama Bik Asma digigit pada bagian kaki, korban atas nama Mang Yuli digigit pada bagian tangan, sedangkan Mang Min, sempat dikejar buaya saat berada di sekitar kolong ini.

"Dan masih banyak warga yang diserang buaya. Makanya buaya ditangkap dan rencananya buaya tangkapan ini mau kita bawa ke lokasi penangkaran buaya," kata Sopian.

(Bangka Pos/Fery Laskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved