Berita Bangka Selatan

109 Warga Kepulauan Pongok Ikut Pelayanan Kesehatan Bergerak

Sebanyak 109 warga yang berada di Kecamatan Kepulauan Pongok, Bangka Selatan mengikuti program pelayanan kesehatan bergerak.

109 Warga Kepulauan Pongok Ikut Pelayanan Kesehatan Bergerak
istimewa
Sejumlah warga yang berada di Kecamatan Kepulauan Pongok, Bangka Selatan yang mengikuti program pelayanan kesehatan bergerak. 

BANGKAPOS.COM - Sebanyak 109 warga yang berada di Kecamatan Kepulauan Pongok, Bangka Selatan mengikuti program pelayanan kesehatan bergerak. 

Pelayanan Kesehatan yang dimotori oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Babel ini, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Basel serta UPT Puskesmas Pongok, Kamis (13/6/2019).

Kegiatan yang digelar di Kecamatan Kepulauan Pongok ini, memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang tinggal di Desa Pongok dan Desa Celagen. 

Pelayanan kesehatan yang diberikan berupa pemeriksaan kesehatan secara gratis, pemeriksaan kesehatan untuk ibu hamil oleh dokter spesialis kandungan yaitu dr Ahmad Husaini, Sp.OG dan pelayanan kesehatan anak oleh dr Cristian Nasir, Sp.A.

Cek kesehatan terdiri dari pemeriksaan tekanan darah, pengukuran berat badan dan tinggi badan, pengukuran lingkar perut dan pemeriksaan gula darah. 

Hal ini dilakukan sebagai upaya deteksi dini terhadap penyakit tidak menular (PTM), yang menjadi isu strategis nasional 2019, selain stunting dan imunisasi.

“Untuk pelayanan di UPT Puskesmas Pongok ada 53 orang yang berkunjung, 13 orang ke poli anak, 14 orang ke poli unum dan 26 orang ke poli kebidanan. Sedangkan pelayanan di Poskesdes Desa Celagen ada 106 orang, sebanyak 42 pasien anak dan 64 pasien dewasa,” jelas Kepala UPT Puskesmas Pongok, drg Emma, dalam rilisnya, Sabtu (15/6/2019).

 Emma menambahkan pelayanan ini menjadi kebutuhan warga yang berada di daerah-daerah terpencil dan sangat terpencil.

 “Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar, semoga pelaksanaannya di tahun mendatang dapat lebih baik lagi dalam peningkatan akses pelayanan kesehatan di Basel,” harap Emma. 

Penulis: Ajie Gusti Prabowo
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved