VIDEO : Awas! Ada Buaya Buntung di Kolong Ini

Yang paling aneh, seekor buaya buntung yang sering menampakan diri di permukaan air, bahkan berjemur di tepi kolong.

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ternyata buaya buntung bukan hanya ada dalam syair lagu dangdut saja. Di dunia nyata, predator tanpa ekor itu memang benar adanya.

Buaya tersebut bersarang di Kulong Baye, danau bekas penambangan timah tempo dulu.

Lokasinya berada di perbatasan antara Lingkungan Airsabak dan Lingkungan Sinarjaya, Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Terungkap kisah ini, pasca penangkapan buaya kuning sepanjang 2,7 meter bobot 200 Kg.

Menurut kisah warga, kawanan buaya yang hidup di habitat itu, beragam jenisnya. Yang paling aneh, seekor buaya buntung yang sering menampakan diri di permukaan air, bahkan berjemur di tepi kolong.

"Kalau buaya yang baru saja ditangkap pawang ini sering mengejar warga. Tapi sebenarnya ada buaya lain di sekitar kolong ini, yaitu buaya buntung, buaya tanpa ekor. Buaya buntung ukurannya lebih besar dibanding buaya yang barusan ditangkap. Buaya buntung tidak ada ekor, hanya badan saja," kata Oka (30), Warga RT 001 Lingkungan Sinarjaya Kelurahan Sinjay-Jelutung Sungailiat Bangka, usia penangkapan buaya kuning tak jauh dari rumahnya, Jumat (14/6/2019).

Sebelumnya disebutkan, buaya sepanjang 2,70 meter seberat 200 kg di Kolong Buaya Kelurahan Sinarjaya -Jelutung Sungailiat Bangka, Jumat (14/6/2019) siang, berhasil ditangkap.

Predator itu merupakan hasil tangkapan Pawang Buaya Bukitlayang, Mang Syarif. Buaya itu ditangkap karena sering menyerang warga RT 001 Lingkungan Sinarjaya Kelurahan Sinarjaya Jelutung Sungailiat.

"Buaya ini ditangkap karena sudah berkali-kali menyerang warga. Ada yang digigit tangan, digigit kaki dan ada juga yang dikibas buaya saat sedang mengais timah (ngarpet timah)," kata Sopian, Kaling Sinarjaya Sungailiat ditemui di lokasi penangkapan buaya kuning, Jumat (14/6/2019).(Bangkapos.com/Fery Laskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved