Fakta Baru Getaran di Belitung, BPBD Babel Sebut Gempa Berkekuatan 2,4 SR

Terkait getaran yang terjadi di Belitung pada hari Selasa malam (11/6/2019), yang masih menyisakan misteri karena belum diketahui dengan jelas

Fakta Baru Getaran di Belitung, BPBD Babel Sebut Gempa Berkekuatan 2,4 SR
dok bangka pos
Kepala BPBD Babel, Mikron Antariksa. Fakta Baru Getaran di Belitung, BPBD Babel Sebut Gempa Berkekuatan 2,4 SR 

Fakta Baru Getaran di Belitung, BPBD Babel Sebut Gempa Berkekuatan 2,4 SR

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Terkait getaran yang terjadi di Belitung pada hari Selasa malam (11/6/2019), yang masih menyisakan misteri karena belum diketahui dengan jelas penyebab getaran tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Mikron mengungkapkan fakta terbaru, ia mengatakan bahwa getaran tersebut terjadi dikarenakan gempa dengan kekuatan 2,4 skala richter (SR).

Saat dihubungi via telepon Mikron menjelaskan definisi gempa yang menurutnya adalah, setiap getaran yang terjadi di permukaan bumi yang disebabkan oleh sesuatu dapat dikategorikan sebagai gempa.

Termasuk yang terjadi di belitung Selasa (11/6/2019), ia mengatakan getaran tersebut tercatat di alat seismograf BMKG pusat, namun dikarenakan getarannya hanya 2,5 magnitudo sehingga tidak terdeteksi di seismograf cabang BMKG.

"Karena getarannya dibawah 2,5 magnitudo, sehingga tidak terdeteksi oleh alat-alat di cabang-cabang BMKG," ujar Mikron, Senin (17/6/2019) saat dihubungi via telepon.

Mikron juga mengatakan jika pihaknya akan segera berkoordinasi dengan BMKG untuk kembali meneliti getaran-getaran yang terjadi di wilayah Babel. Sehingga bisa diketahui potensi-potensi gempa di Babel. (Bangkapos/Muhammad Rizki/R1)

Tags
GEMPA
BPBD
Penulis: Maggang (mg)
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved