Berita SUngailiat

Kedok Pria Misterius Rampas Handphone Dua Sejoli di Belinyu Terungkap, Begini Kisahnya

Seorang pria menggunakan penutup wajah dan topi mendatangi dua sejoli, sepasang remaja yang sedang memadu kasih.

Kedok Pria Misterius Rampas Handphone Dua Sejoli di Belinyu Terungkap, Begini Kisahnya
IST/AKP Surya Dharma
Tampak pelaku perampas handphone, Tersangka IR alias ISD alias WWN bin RML (34) diamankan Polsek Belinyu. 

BANGKAPOS.COM -- Seorang pria menggunakan penutup wajah dan topi mendatangi dua sejoli, sepasang remaja yang sedang memadu kasih. Pelaku merampas handphone (HP) korban disertai ancaman. Beruntung, pelaku yang sempat mengaku kenal anggota dewan itu behasil ditangkap, beberapa hari setelah kejadian.

Kapolres Bangka AKBP Budi Arianto didampingi Wakapolres Kompol S Sophian diwakili Kapolsek Belinyu, AKP Surya Dharma kepada Bangka Pos, Senin (17/6/2019) mengatakan, tak hanya pelaku yang ditangkap, namun polisi juga menemukan barang bukti.

"Berawal pada Hari Jumat Tanggal 14 Juni 2019 sekira jam 14.00 WIB kami menerima laporan korban bahwa terjadi tindak pidana pencurian dengan cara kekeraaan (Curas) di Lapangan Bola Kaulin Pekuburan Cina Jalan Kenangan Belinyu," kata Kapolsek.

Kejadian sebenarnya terjadi, Kamis (6/6/ 2019) lalu, sekitar Pukul 17.00 WIB. Korban pelapor ataa nama Prayoga alias Yoga (21), Warga Jl Ahmad Yani Belinyu mengaku tak mengenal pelaku karena pelaku menggunakan penutup wajah dan topi.

"Kronologis kejadian saat korban dan pacar korban IF alias IZ (16), Warga Desa Ridingpanjang Belinyu sedang ngobrol di atas sepeda motor yang diparkir di pinggir Lapangan Bola Kaulin Belinyu," kata Kapolsek mengutip laporan korban.

Tiba-tiba korban dan pacar korban didatangi pelaku tak dikenal, menggunakan tutup muka (masker) dan topi. Pelaku menepuk pundak korban sebelah kanan sambil berkata.

"Apa kerja kalian disini, nanti saya kasih tahu teman saya, teman saya sedang jaga di kaulin itu," kata Kapolsek meniru ancaman pelaku yang langsung merampas handphone merk Oppo F9 type CPH 1823 warna biru, milik korban yang disimpan dalam kantung celana belakang.

Tampak pelaku perampas handphone, Tersangka IR alias ISD alias WWN bin RML (34) diamankan Polsek Belinyu.
Tampak pelaku perampas handphone, Tersangka IR alias ISD alias WWN bin RML (34) diamankan Polsek Belinyu. ((IST/AKP Surya Dharma)

Pelaku berusaha membuka handphone korban tetapi gagal karena tidak mengetahui pola passwordnya. Pelaku bertanya pada korban apa pola kunci membuka handphone namun korban tak mau kasih tahu.

"Pelaku pun marah sambil berkata" kamu mau berkelahi dengan saya...? Nanti saya kasih tau orang tua pacarmu, saya banyak kenal anggota dewan, kalau tidak kamu kasih polanya (kunci) nanti saya sebarkan kemana-mana kejadian ini," ancam pelaku, sepeti dikutip melalui Kapolsek.

Alhasil, korban takut pada ancaman pelaku sehingga korban terpaksa memberitahukan kunci menggunakan pola 123456. Setelah mengetahui pola kunci, pelaku kemudian memotret korban dan pacar korban menggunakan handphone korban. Setelah mengabadikan korban serta pacar korban, pelaku langsung menyuruh korban dan pacar korban pergi dari tempat itu.

Sementara itu, kejadian kamis 6 Juni 2019 baru dilaporkan secara resmi oleh korban pada Hari Jumat Tanggal 14 Juni 2019. Laporan tersebut langsung ditindaklanjuti oleh Unit Reskrim dan Piket SPK, yaitu mendatangi TKP dan mengintrogasi saksi-saksi. Hasil olah TKP dan introgasi saksi-saksi diperoleh petunjuk yang dapat mengarah kepada pelaku yang dicurigai. Polisi kemudian melakukan pencarian pada pelaku yang dimaksud.

"Sekira jam 18.00 WIB (Tanggal 14 Juni 2019) Tim Polsek Belinyu bertemu dengan terduga pelaku di Jalan Kenangan Atas Kelurahan Kutopanji Kecamatan Belinyu. Tim langsung mengamankan terduga pelaku dan pada saat dilakukan pengecekan di dalam bagasi sepada motor yang dipakai oleh pelaku ditemukan satu unit Handphone merk Oppo F9 type CPH 1823 warna biru milik korban," kata Kapolsek.

Setelah disergap, pelaku langsung digelandang ke Mapolsek Belinyu guna proses interogasi atau pemeriksan lebih lanjut. Dalam proses penyidikan, pelaku dijerat Pasal 365 Ayat (1) KUHP subsider Pasal 362 KUHP.

"Tersangka pelaku, IR alias ISD alias WWN bin RML, usia 34 tahun, alamat Kampung Airasam RT/RW 006/002 Kelurahan Bukitketok Kecamatan Belinyu," jelas Kapolsek.

(Bangka Pos/Fery Laskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved