Berita Bangka Tengah

Ketua DPRD Bangka Tengah Minta Dinas Pertanian Pastikan Penyebab Kerontokan Lada di Perkebunan Warga

Ketua DPRD Bangka Tengah menanggapi keluhan petani di Desa Nibung beberapa waktu lalu dan harapan petani akan bantuan pengapuran tanaman lada.

Ketua DPRD Bangka Tengah Minta Dinas Pertanian Pastikan Penyebab Kerontokan Lada di Perkebunan Warga
(Bangka Pos/Jhoni Kurniawan
Lada yang Rontok (gagal panen) menjadi Hitam 

BANGKAPOS.COM - Ketua DPRD Bangka Tengah, Algafri Rahman menanggapi keluhan petani di Desa Nibung beberapa waktu lalu dan harapan petani akan bantuan pengapuran tanaman lada.

Ketua DPRD Bangka Tengah, Algafri Rahman ketika dihubungi bangkapos.com melalui panggilan telepon menyebutkan Dinas Pertanian Bangka Tengah merupakan badan yang bertanggungjawab terkait dengan perkebunan.

Sehingga untuk memenuhi permintaan masyarakat khususnya petani lada, Dinas Pertanian Bateng diminta untuk menuju ke lokasi perkebunan warga untuk menemukan penyebab kerontokan lada petani.

"Tim pengecekan juga harus paham penyebab kerontokan, apakah berasal dari hama lada atau benar-benar hanya karena cuaca yang sering turun hujan ketika malam hari", ujar sosok yang lebih dikenal dengan nama Ayi pada Senin, (17/6/2019).

Dirinya melanjutkan jika nantinya pengecekan telah dilakukan, maka harus benar-benar dipastikan penyebabnya sehingga bisa dicarikan titik penyelesaian.

Ketua DPRD Bangka Tengah, Algafri Rahman
Ketua DPRD Bangka Tengah, Algafri Rahman (Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

"Kalau penyebabnya diketahui tentunya teman-teman dari dinas terkait bisa mencari pengobatan atau penyelesai", ungkapnya

Lebih lanjut Algafri menyatakan kalau memang pengapuran dianggap sebagai pilihan terbaik maka dintan diharap dapat mengakomodir persiapan pengapuran.

"Namun apabila terkendala pada keuangan, maka silahkan dimasukkan ke anggaran tambahan 2019", ujarnya

Selain itu, Algafri juga berharap kepada DinasPertanian Bangka Tengah untuk menyelesaikan hal ini agar aktivitas petani tidak terganggu dan tidak mengalami kerugian yang mengancam kehidupan masyarakat.

Tidak hanya itu, Algafri juga menghimbau kepada Dintan untuk mengecek lokasi-lokasi pertanian, pertanian lada khususnya untuk mencari tahu indikasi dan penyebab kerontokan lada milik petani lada di Bangka Tengah.

(Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved