Lomba Kebun Sahang Strategi Menggalakkan Masyarakat Berkebun

Lomba kebun sahang petani bagian cara Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggalakkan masyarakat bertanam lada

Lomba Kebun Sahang Strategi Menggalakkan Masyarakat Berkebun
Diskominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Lomba kebun sahang strategi menggalakan masyarakat berkebun 

BANGKAPOS.COM  -- Lomba kebun sahang petani bagian cara Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggalakkan masyarakat bertanam lada atau yang akrab disebut sahang. Pasalnya sejak marak aktivitas pertambangan timah membuat sejumlah kebun lada ditinggalkan masyarakat.

Padli Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, ke depan potensi sektor perkebunan lada akan kembali bangkit. Untuk itu perlu menggalakkan masyarakat kembali berkebun.

"Banyak yang telah dilakukan pemerintah provinsi untuk kembali membangkitkan sektor perkebunan lada. Salah satunya menggelar perlombaan kebun sahang petani," kata Padli, Senin (17/6/2019).

Jika dulu masyarakat meninggalkan kebun lada untuk menambang pasir timah, namun mulai sekarang masyarakat mulai meninggalkan aktivitas penambangan untuk kembali berkebun sahang. Mendukung upaya ini, pemerintah provinsi menyalurkan bantuan bibit sahang.

Upaya motivasi lainnya juga dilakukan, seperti membudayakan bertanam sahang di lahan terbatas. Langkah ini dimulai dari instansi atau organisasi perangkat daerah yang bertanam sahang di sepanjang median ruas Jalan Pulau Pelepas Pangkalpinang hingga Bangka Tengah.

"Setelah masyarakat kembali berkebun sahang, kemudian digelar lomba kebun sahang petani. Lomba ini untuk petani se Bangka Belitung, oleh karenanya daftarkan segera kebun sahang Anda," saran Padli.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved