Wisata Belitung

Menikmati Keindahan Pantai Belitung, Inilah 4 Rute Menuju Pulau Lengkuas yang Perlu Diketahui

Pulau Belitung, merupakan bagian dari Kepulauan Bangka Belitung. Pulau ini memiliki ratusan pulau yang mengelilinginya.

Menikmati Keindahan Pantai Belitung, Inilah 4 Rute Menuju Pulau Lengkuas yang Perlu Diketahui
Pos Belitung /Yuranda
Bermain air di Pantai Pulau Belitung 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Pulau Belitung, merupakan bagian dari Kepulauan Bangka Belitung. Pulau ini memiliki ratusan pulau yang mengelilinginya. Satu di antaranya Pulau Lengkuas, pulau ini memiliki keindahan pantai dan terumbuk karang yang masih asri.

Selain dari itu, Pulau Lengkuas juga memiliki bangunan sebagai icon sejarah berupa mercusuar yang dibangun oleh pemerintahan Belanda pada tahun 1882. Hingga saat ini mercusuar masih kokoh berdiri.‎

Secara spesifik, lokasi dari‎ Pulau Lengkuas Ini berada di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Keindahan Panorama yang dihiasi dengan banyaknya batu granit yang unik, membentuk pulau-pulau kecil, pasir putih dan air laut yang jernih menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Belitung.

Sejumlah jurnalis peserta Media Training Bank Mandiri 2016 snorkeling di perairan Pulau Lengkuas, Belitung, Jumat (23/9/2016).
Sejumlah jurnalis peserta Media Training Bank Mandiri 2016 snorkeling di perairan Pulau Lengkuas, Belitung, Jumat (23/9/2016). (Posbelitung.com/Novita)

‎Untuk bisa sampai ke Pulau Lengkuas, dari pusat Kota Tanjungpandan Kabupaten Belitung, ke Pantai Tanjung Kelayang, bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, jarak tempuh yang dilewati 27,8 KM. Sesampai di Pantai Tanjung Kelayang, bisa menggunakan kapal pengangkut wisatawan.

Menurut, Pemilik Kapal sekaligus pemandu wisata, Murat mengatakan, ongkos ke Pulau Lengkuas tergantung kapal berkapasitas berapa orang. Kalau 25 orang dibanderol Rp 800 ribu, 10 orang Rp 650 ribu, kadang lebih dari itu.

Sementara itu, dari Pantai Tanjung Kelayang‎, membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai Pulau Lengkuas.

Wisatawan juga bisa menikmati keindahan Pulau Pasir, pemandangan yang indah kerap dijadikan spot foto favorit pengunjung.

Pulau Pasir
Pulau Pasir (Pos Belitung /Yuranda)

Setelah beranjak dari Pulau Pasir, barulah menuju ke Pulau Lengkuas, di Pulau Lengkuas, selain menikmati pemandangan pantai yang indah, rute berikutnya ke tempat spot-spot snorkling dan diving yang bagus, di sana kita juga bisa mengabadikan momen, dengan background Pulau Lengkuas, ‎dan juga bisa melihat berbagai jenis ikan yang ada di spot tersebut.

Setelah puas dengan snorkling dan diving, pemilik kapal itu mengajak, untuk ke rute berikutnya, Pulau Kelayang, ini termasuk Pulau kecil dan tidak ada tumbuhan yang hidup di sana, hanya ada batu granit yang membentuk pulau dan pesisir pantai di sekelilingnya, setelah puas setelah puas bermain dan mengabadikan momen di sana.

Menuju ke rute selanjutnya, yaitu Pulau Kepayang, Pulau yang tepat berhadapan dengan Pantai Tanjung Kelayang ini, memiliki view yang indah sama halnya di Pulau Lengkuas. Dengan Bebatuan yang‎ tinggi mengelilingi pulau tersebut.

Di sini juga, kita bisa menikmati wisata bawah laut, yang mungkin berbeda, dengan view di Pulau Lengkuas, setelah selesai dengan empat rute perjalanan ke Pulau Lengkuas tersebut, barulah kembali lagi ke Pantai Tanjung Kelayang, dengan perjalanan kurang lebih tujuh jam. Sungguh pengalaman berwisata yang sangat menyenangkan.

Keindahan Pulau Lengkuas
Keindahan Pulau Lengkuas (Pos Belitung /Yuranda)

(Posbelitung.co/Yuranda/r6)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved