Tak Berfungsi Sejak 2017, 2.000 Meter Saluran Irigasi di Danau Nujau Akan Diperbaiki

Sepanjang 2000 Meter saluran irigasi persawahan Dusun Danau Nujau, Kecamatan Gantung, Belitung Timur Tahun ini akan diperbaiki

Tak Berfungsi Sejak 2017, 2.000 Meter Saluran Irigasi di Danau Nujau Akan Diperbaiki
posbelitung.co/suharli
Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura pada Dinas Pertanian Kabupaten Beltim, Heryanto. Senin (17/6/2019). Tak Berfungsi Sejak 2017, 2.000 Meter Saluran Irigasi di Danau Nujau Akan Diperbaiki 

Tak Berfungsi Sejak 2017, 2.000 Meter Saluran Irigasi di Danau Nujau Akan Diperbaiki

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Sepanjang 2.000 Meter saluran irigasi persawahan Dusun Danau Nujau, Kecamatan Gantung, Belitung Timur (Beltim) tahun ini akan diperbaiki.

Saluran pengairan sawah di Danau Nujau mulai tidak berfungsi efektif semenjak banjir yang melanda kawasan Kecamatan Gantung Pada tahun 2017 lalu.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura pada Dinas Pertanian Kabupaten Beltim, Heryanto saat ditemui posbelitung di ruang kerjanya menyampaikan Tim dari PU pusat dan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Beltim telah meninjau lokasi irigasi Danau Nujau.

"Sudah kami indentifikasi sarana irigasi mana saja yang akan di perbaiki atau dibangun baru. Termasuk yang utama adalah memperbaiki saluran drainase untuk membuang kelebihan air dilahan sawah Danau Nujau," ujar Pria yang akrab disapa Danton tersebut kepada posbelitung.co, Senin (17/6/2019).

Menurut Danton untuk kegiatan mereka tahun ini jadi PU pusat di Beltim akan merehab saluran air sekunder sekitar 2000 meter berdasarkan hasil inventarisasi yang sudah dilaksanakan. Sedangakn kegiatan lainnya mereka akan menyusun di program di tahun-tahun berikutnya.

"Jadi kalau irigasi desa selinsing ada 3 saluran irigasi yakni danau Nujau, danau merante dan di sawah Desa Padang. Ditahun awal 2019 kami berupaya menyelesaikan di danau Nujau dulu setelah selesai, baru bergeser di Danau Merante baru terakhir kemudian di Sawah Desa Padang," jelas Danton.

Danton juga menyampaikan karena irigasi tersebut semuanya memang sudah menjadi tanggung jawab dan kewenangan kementrian PU jadi mereka akan komit untuk memperbaiki daerah irigasi Selingsing.

"Nanti juga termasuk pembangunan klep untuk menahan air laut yang masuk lewat sungai," imbuh Danton.

Danton juga menjelaskan perbaikan saluran ini juga kaitannya dengan serangan keong emas beberapa waktu lalu, menurutnya kalau drainase bagus pengendalian serangan keong emas lebih mudah ditanggulangi.

"Drainase bagus mungkin pengendalian hama tadi lebih bagus, lahan bisa dikeringkan kita lebih mudah melokalisir penyelenggaraan keong emas tadi, karena sifat keong emas cenderung mencari air, terutama air yang bagus dan jernih.
Nah kalau bisa dikeringkan, diseputaran petakan sawah kami buat parit, nah keong akan berkumpul di parit tadi, sehingga lebih mudah untuk memusnahkan hama tadi," beber Danton.

Penulis: Suharli
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved