DLH Kembangkan Fitur E-Document Tentang Informasi Perizinan Lingkungan Hidup

Pemerintah Provinsi Kep. Bangka Belitung telah mengeluarkan fitur baru yakni E-Document pada media website www. dlh.babelprov.go.id.

DLH Kembangkan Fitur E-Document Tentang Informasi Perizinan Lingkungan Hidup
ist
DLH Kembangkan Fitur E-Document Tentang Informasi Perizinan Lingkungan Hidup

BANGKAPOS.COM--Dalam rangka memberikan kemudahan akses informasi bagi masyarakat maupun pelaku usaha mengenai informasi perizinan di bidang lingkungan hidup yang dikeluarkan oleh pemerintah provinsi, saat ini Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi Kep. Bangka Belitung telah mengeluarkan fitur baru yakni E-Document pada media website www. dlh.babelprov.go.id.

E-document bisa diartikan sebagai Environment document/ Elektronic document yang memuat informasi tentang dokumen lingkungan final dari usaha dan/atau kegiatan yang Izin Lingkungannya telah diterbitkan oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Hal tersebut sebagaimana dijelaskan Fianda Revina Widyastuti selaku Kasi Kajian Dampak Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tim babelprov.go.id dalam wawancaranya hari ini Selasa (18/06).

"Adapun pengembangan fitur e-document pada website yang ada saat ini juga dimaksudkan sebagai upaya pemenuhan asas keterbukaan/transparansi informasi publik sesuai yang diamanatkan dalam Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dalam hal ini mengenai dokumen lingkungan," ungkap Fianda.

Ditambahkan Fianda, gagasan pengembangan fitur e-document pada website yang ada saat ini, selain itu memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses informasi mengenai dokumen lingkungan serta memberikan kemudahan bagi bidang pengendalian dan penataan lingkungan hidup dalam melaksanakan tugas pengawasan.

Selain itu, dengan membuka e-document, masyarakat atau stakeholder lainnya juga bisa memberikan saran dan masukan terkait proses penilaian dan pemeriksaan dokumen serta penerbitan izin lingkungan di dalam kolom saran dan masukan yang ada di menu e-document.

Dengan telah dikembangkannya fitur e-document, dijelaskan Fianda juga dimaksudkan sebagai suatu upaya untuk menertibkan arsip dan menghindari penumpukan hardcopy dokumen sehingga ruangan sekretariat Komisi Penilai AMDAL Prov.Kep.Babel menjadi rapi dan nyaman.

Secara teknis, Fianda menjelaskan bahwa saat ini e-document sudah  bisa diakses dengan membuka website DLH Prov.Kep.Babel www.dlh.babelprov.go.id. Data yang tersedia saat ini baru dokumen lingkungan (AMDAL, UKL UPL) yang Izin Lingkungannya diterbitkan pada tahun 2017. Yang akan diupdate/pembaharuan terus menerus sampai dengan tersedianya informasi dokumen lingkungan yang izin lingkungannya diterbitkan terakhir saat ini.

Penulis: Stevani

Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved