Berita Pangkalpinang

Era Digital, Tiap OPD Didorong Terapkan Kebijakan Satu Data

Pemanfaatan data semua OPD didorong menggunakan pendekatan one data policy, yakni kebijakan satu data.

Era Digital, Tiap OPD Didorong Terapkan Kebijakan Satu Data
Dokumen Bangka Pos
Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif kunjungi kantor Dukcapil Pangkalpinang, disambut oleh wakil wali kota Pangkalpinang, Muhammad Sopian dan Asisten I Suparyono, bersama pegawai Dinas Dukcapil lainnya, Selasa (18/6/2019). 

BANGKAPOS.COM - Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan saat ini layanan administrasi kependudukan telah memasuki era digital. Pemanfaatan data semua OPD didorong menggunakan pendekatan one data policy, yakni kebijakan satu data.

Zudam mengatakan yang memiliki data administrasi kependudukan hanya dari dinas Dukcapil. Tujuannya agar mengurus keperluan seperti perizinan, urusan sekolah dan data sosial, datanya hanya terdapat di Dukcapil.

"Sehingga tidak ada yang menggunakan data double. Ini lah single identity number. Saya lihat Pangkalpinang sudah mulai menerapkan era digital dalam pelayanan seperti tanda tangan kartu keluarga online oleh kepala dinas nya. Semangat kita adalah pelayanan yang membuat warga masyarakat senang dan bahagia. Saya senang bisa memastikan program nasional berjalan baik disini," kata Zudan Arif, usai meninjau kantor Dukcapil Pangkalpinang, Selasa (18/6/2019).

Wakil wali kota Pangkalpinang, Muhammad Sopian mengaku bangga dengan program nasional yang diterapkan kementerian ini. Sopian menuturkan, arah kebijakan kedepan ingin menggunakan satu sumber data dan dengan sistem ini semua hak kewajiban masyarakat tergambar sehingga terbuka pelayanan seperti apa yang diberikan dan didapatkan kepada masyarakat.

Dia mengaku bangga dengan rencana pemerintah pusat melakukan pelayanan administrasi kependudukan secara online sehingga mengurus administrasi tersebut dapat dilakukan dimana saja asal dengan menggunakan teknologi dan digital seperti saat ini.

"Sangat kita tunggu program nasional dari kementerian. Pangkalpinang siap mendukung," ujar Sopian.

(Bangka Pos/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved