Satpol PP Babel Tertibkan TI Ilegal di DAS Kota Kapur

Perihal penambangan yang merusak DAS, Satpol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung turun ke lapangan untuk melakukan penertiban

Satpol PP Babel Tertibkan TI Ilegal di DAS Kota Kapur
Diskominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Satpol PP Babel tertibkan TI ilegal di Das Kota Kapur 

BANGKAPOS.COM  -- Menindaklanjuti laporan masyarakat perihal penambangan yang merusak DAS, Satpol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung turun ke lapangan untuk melakukan penertiban, Senin (17/6/2019). Aktivitas penambangan ilegal ini berada di wilayah situs yang dilindungi di Kota Kapur, Mendo Barat, Kabupaten Bangka.

Sebanyak empat mesin robin, lima mesin tambang dan enam pompa TI diamankan. Dua pleton anggota Satpol PP Babel dikerahkan bersama tim dari Polisi Militer (PM).

Yamowa Harefa, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan sebelumnya personel Satpol PP sudah mendatangi lokasi dan mengingatkan para penambang untuk berhenti beraktivitas. Namun, ketika mendatangi lokasi, aktivitas penambangan masih dilakukan.

"Ternyata peringatan kita tidak ditanggapi. Maka sebagai penegak Perda, kami hari ini melakukan penertiban," kata Yamowa.

Tiba di lokasi, Yamowa segera memerintahkan anggotanya untuk mengangkat semua mesin dan peralatannya, dibantu pengawasan dari Polisi Militer. Walau sempat mendapatkan perlawanan dari oknum penambang, Satpol PP Babel akhirnya berhasil menertibkan aktivitas penambangan ilegal ini.

Usai penertiban Satpol PP memberikan surat pernyataan untuk tidak kembali menambang pada lokasi tersebut. Selain merusak situs Kota Kapur, aktivitas ini dinilai mengganggu fasilitas pemandian umum dan Daerah Aliran Sungai desa setempat.

(Rusmini)

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved