Berita Pangkalpinang

Stok Blanko KTP di Dukcapil Pangkalpinang Kosong

Untuk mengganti blanko yang kosong dalam sementara waktu masyarakat yang ingin membuat KTP diberikan surat keterangan.

Stok Blanko KTP di Dukcapil Pangkalpinang Kosong
Bangka Pos/Ira Kurniati
Sekdin Dukcapil Pangkalpinang, Wilda Novianti 

BANGKAPOS.COM - Blanko KTP (Kartu Tanda Penduduk) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pangkalpinang sementara ini kosong. Diungkapkan Sekretaris Dinas Dukcapil, Wilda Novianti, belum dapat memastikan kapan blanko KTP tersebut tiba. Diketahui kosongnya stok blanko sekitar seminggu lalu.

"Kami juga belum bisa memastikan kapan ada nya," ujar Wilda kepada bangkapos.com, Selasa (18/6/2019).

Dia mengatakan, untuk mengganti blanko yang kosong dalam sementara waktu masyarakat yang ingin membuat KTP diberikan surat keterangan. Wilda menuturkan, surat keterangan tersebut fungsinya sama saja seperti KTP, terdapat identitas diri yang bersangkutan. Hanya yang membedakan surat itu memiliki batas waktu selama enam bulan. Setelah masa berlaku habis, masyarakat diharapkan memperpanjang masa berlaku apabila blanko masih belum tersedia.

"Kami belum tahu kapan blankonya datang. seperti yang diungkapkan pak dirjen, kemungkinan dikirim saat cetak lagi," pungkas Wilda.

Sementara, Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Zudan Arif Fakrulloh, mengatakan stok blanko yang tersedia di pusat saat ini ada sekitar 500 ribu. Tiap daerah dikirim menyesuaikan dengan kebutuhan yang dipaka

"Untuk daerah sesuai kebutuhan, ada yang 1000 atau 500. Akan kita sesuaikan," ujar Zudan Arif, saat mengunjungi kantor Dukcapil Pangkalpinang.

Dia menuturkan rencananya akan dilakukan cetak kembali untuk blanko KTP ini sekitar bulan Juli atau Agustus mendatang untuk memenuhi kebutuhan hingga akhir Desember nanti. Zudan menyebut, banyaknya blanko yang akan dicetak sekitar 4 - 5 juta blanko.

(Bangka Pos/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved