Berita Pangkalpinang

Data Awal Fenomena Getaran di Tanjungpandan akan Dikirim ke PVMB Badan Geologi Kemen ESDM

Sejauh ini, kata Agus, pihaknya baru sebatas berkoordinasi dengan BMKG dan menghimpun data dari sejumlah sumber lainnya.

Data Awal Fenomena Getaran di Tanjungpandan akan Dikirim ke PVMB Badan Geologi Kemen ESDM
(BANGKA POS / DEDY QURNIAWAN)
Kabid Geologi dan Air Tanah Dinas ESSM Babel, Agus Setio Rini 

BANGKAPOS.COM--Kepala Bidang Geologi dan Air Tanah Dinas ESDM Babel, Agus Setio Rini mengatakan perkiraan awal terhadap fenomena dentuman dan getaran di Tanjungpandan, Belitung, beberapa waktu lalu bukan untuk menyimpulkan penyebab pasti fenomena tersebut.

Ada tiga perkiraan awal Dinas ESDM Babel mengenai hal itu, yakni patahan struktur geologi lokal, pergeseran tanah atau material bebatuan (longsor), peledakan (blasting) penambangan granit.

Sejauh ini, kata Agus, pihaknya baru sebatas berkoordinasi dengan BMKG dan menghimpun data dari sejumlah sumber lainnya. Data tersebut nanti akan disampaikan ke Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Badan Geologi Kementerian ESDM

Kewenangan untuk melakukan penelitian lebih lanjut adalah kewenangan PKMB Badan Geologi Kementerian ESDM. Penelitian seperti ini pernah dilakukan di Bangka Barat pada 2018 karena getaran beberapa kali sudah pernah terjadi di sana sebelumnya.

Untuk diketahui, kasus getaran disertai dentuman di Tanjungpandan, Belitung diakui baru kali ini terjadi.

"Tetap akan kami sampaikan ke Pusat Vulkanologi. Kami akan sampaikan data yang kami peroleh," ucap Agus, Rabu (19/6/2019).

(bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved