Diskepora Babel Bahas Pemberdayaan Pemuda Bersama Nano Center Indonesia

Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus menggali peran pemuda di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Diskepora Babel Bahas Pemberdayaan Pemuda Bersama Nano Center Indonesia
Adits/Diskominfo Babel
Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus menggali peran pemuda di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pasalnya, pemuda menjadi salah satu ujung tombak pembangunan. 

Diskepora Babel Bahas Pemberdayaan Pemuda Bersama Nano Center Indonesia

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus menggali peran pemuda di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pasalnya, pemuda menjadi salah satu ujung tombak pembangunan.

Pemuda yang unggul dan berdaya saing dalam kewirausahaan, sehingga pemuda tidak hanya berpangku tangan terhadap pemerintah saja, jelas Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Suharto, Selasa (18/06/2019) saat paparan bersama dengan Nano Center, di Ruang Rapat Diskepora Babel.

" bagaimana para pemuda Babel kedepannya bisa menciptakan dunia bisnis yang di milikinya, sehingga peran pemuda tidak tergantung dari pemerintah saja, pemuda Babel dapat menjadi pemuda yang unggul dan berdaya saing"

Ia menambahkan, rencananya, para pemuda yang telah dibina tiap tahun oleh Diskepora Babel nantinya akan di seleksi untuk bisa ikut mengembangkan dunia kewirausahaan yakni melaui jalur Program Nano Center, Ia mencontohkan, potensi yang dimiliki Babel perlu digali dan dikembangkan, seperti bagaimana mengolah madu bisa dijadikan produk kosmetik, bagaimana mengolah karet bisa dijadikan bahan keramik, selain itu cara produksi tambak ikan yang berlipat. jadi tinggal pilih yang cocok dengan keahlian pemudanya seperti apa, rencananya Kadiskepora Suharto beserta Kepala Bidang Diskepora akan mengunjungi ke Nano Center Indonesia untuk membuktikan kebenaran yang disampaikan saat paparan oleh pihak Nano Center Indonesia, pungkasnya.

" banyak potensi sumber daya alam di Babel yang perlu digali dan dikembangkan, sehingga potensi yang dimiliki Babel bisa mendunia, mari kita bersama - sama ciptakan peluang kerja bagi pemuda, demi masa depan pemuda di Babel. Nanti Insyaallah Diskepora akan mengedepankan peran pemuda sehingga nantinya pemuda bisa menjadi role model,"jelasnya.

Sementara itu, Suryandaru Ketua Yayasan Pusat Penelitian Pengembangan Nano Teknologi Indonesia (Nano Center Indonesia) menjelaskan, Nano Center Indonesia bertujuan untuk membangun sumber daya manusia yang unggul dan mengembangkan sumber daya alam lokal berdaya saing di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"objek dan ruang lingkup Nano Center yakni pendidikan, penelitian dan pengembangan inovasi, inkubasi bisnis serta transfer teknologi. Sedangkan ruang lingkup Diskepora yaitu di pemberdayaan pemuda."

Berbagai bukti yang telah dihasilkan Nano Indonesia yakni PT Nanotech Herbal Indonesia, berfokus pada teknologi nano herbal untuk aplikasi kosmetik, suplemen, makanan, dan obat. PT Langgar Nanotech Indonesia, berfokus pada teknologi nanomaterial untuk aplikasi pigmen, cat, coating dan konstruksi. Selain itu, CV Nanotech Indonesia, berfokus dalam produksi mesin nanomaterial dan proses material. dan PT Sinergi Nanotech Indonesia, perusahaan engineering service dengan menggunakan perangkat uji dan device dengan ketajaman presisi hingga level nanometer.

Nano Center Indonesia beralamat di Jalan Puspitek Komplek Batan Tangerang Selatan, berdiri sejak tahun 2012. Tiga poin yang diterapkan Nano Indonesia antara lain, pertama, pengembangan SDM, kedua program inovasi, ketiga transfer teknologi, saat ini nano Indonesia telah memiliki 32 research center dalam pengembangan produk jelasnya.

"Babel memiliki banyak potensi sumber daya alam, seperti madu, dengan nano teknologi madu selain untuk dijadikan minuman, madu bisa dikembangkan menjadi produk untuk kosmetik,"katanya.

Editor: Evan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved