DP3ACSKB Gelar Pelatihan PPRG bagi Auditor Bangka Belitung

Susanti berharap kegiatan pelatihan hari ini bisa mempercepat dan memperkuat implementasi dan pelaksanaan pengarusutamaan gender di Bangka Belitung.

DP3ACSKB Gelar Pelatihan PPRG bagi Auditor Bangka Belitung
Diskominfo Babel/Lisia Ayu
DP3ACSKB Gelar Pelatihan PPRG bagi Auditor Pov. Kep. Bangka Belitung 

BANGKAPOS.COM-- Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pencatatan Sipil,  Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Susanti membuka acara pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender bagi Auditor Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rabu (19/6/2019) di Novotel Pangkalpinang.

Susanti berharap kegiatan pelatihan hari ini bisa mempercepat dan memperkuat implementasi dan pelaksanaan pengarusutamaan gender di Bangka Belitung.

Kepala Bidang UMKM dan Ekonomi Kreatif Deputi Kesetaraan Gender Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Helsianita mengungkapkan bahwa PPRG merupakan salah satu mekanisme yang dibangun untuk mempercepat pelaksanaan strategi Pengarus Utamaan Gender (PUG) dalam pembangunan.

"Tujuan kegiatan pelatihan PPRG bagi para Auditor di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini untuk meningkatkan pemahaman, kemampuan dan kompetensi para auditor dalam  pelaksanaan PPRG serta memastikan mutu atas penyelenggaraan PUG dan PPRG di daerah," tambah Helsianita. 

Helsianita menuturkan di tingkat Provinsi PPRG secara teknis telah menjadi bagian dari mekanisme penganggaran yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 67 tahun 2011 tentang Perubahan atas Permendagri Nomor 15 Tahun 2008 tentang Pelaksanaan PUG di daerah bahwa pemerintah daerah berkewajiban menyusun kebijakan,  program dan kegiatan pembangunan yang berspektif gender dan Inspektorat juga harus memastikan kualitas dan relevansi Anggaran Responsif Gender (ARG) dalam sistem penganggaran.

Helsianita mengatakan hingga saat ini sebagian Inspektorat belum melaksanakan peran tersebut dalam kegiatan regulernya disebabkan karena kurangnya sosialisasi peran dan tanggung jawab Inspektorat dalam pengawasan PPRG.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (Rabu-Kamis) ini diikuti oleh Auditor Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan menghadirkan narasumber Yusuf Supiandi yang merupakan pakar pengarusutamaan gender dan juga fasilitator. (Diskominfo Babel)

Penulis : Lisia Ayu. 

Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved