Berita Bangka Selatan

KPK : Ada Kejanggalan Soal Pemberian WTP Laporkan

Menggondol predikat opini (Wajar Tanpa Pengecualian) WTP, dari BPK menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemerintah provinsi/kabupaten.

KPK : Ada Kejanggalan Soal Pemberian WTP Laporkan
Bangka Pos / Anthoni Ramli
Koordinator Wilayah I KPK RI Ardiansyah 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Menggondol predikat opini (Wajar Tanpa Pengecualian) WTP, dari BPK menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemerintah provinsi/kabupaten.

Pasalnya, predikat WTP tersebut baru bisa diraih, setelah laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material.

Tak hanya itu, raihan Opini WTP berimbas kepercayaan pemerintah pusat semakin besar kepada daerah yang berimbas pada pemberian reward berupa Dana Insentif Daerah (DID) yang menembus angka miliaran rupiah.

Namun tak sedikit, daerah di Bangka Belitung yang telah menyandang predikat WTP. Salah satunya Kabupaten Bangka dan Bangka Tengah. Sementara Basel, sampai saat ini baru sebatas merah predikat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Namun tak sedikit daerah yang meraih predikat Opini WTP yang dibarengi sejumlah objek temuan. Salah satunya, di Kabupaten Bangka.

Temuan ini pun memunculkan berbagai spekulasi dibalik proses pemberian opini WTP tersebut.

Koordinator Wilayah I KPK RI Ardiansyah, tak menampik adanya
Kasus semacam itu. Bahkan sejumlah kasus di antaranya, telah masuk ranah hukum.

Namun bagi dirinya, persoalan tersebut bukan ranah pihaknya melainkan Badan Pemeriksan Keuangan (BPK) RI.

"Memang ada, cuma Tanya BPK lah, karena kan mereka yang ngasih opini itu bukan kami. Tetapi kalau ada indikasi kejanggalan dalam proses pemberian WTP itu, laporkan ke kami, tidak masalah," ujar Ardiansyah, usia menggelar Rakor dengan Pemkab Basel di ruang rapat Bappeda, Rabu (19/6/2019)

(BANGKAPOS / ANTHONI RAMLI)

Tags
kpk
WTP
Penulis: Antoni Ramli
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved