Pemprov Intensif Bangun Konektivitas Antar Pulau, Pembangunan Dermaga Plesengan Bakit-Tanjung Gudang

Infrastruktur dan konektivitas antar daerah dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan

Pemprov Intensif Bangun Konektivitas Antar Pulau, Pembangunan Dermaga Plesengan Bakit-Tanjung Gudang
Khalimo/Diskominfo Babel
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Babel, Tajuddin

Pembangunan Dermaga Plesengan Bakit-Tanjung Gudang Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Pemprov Intensif Bangun Konektivitas Antar Pulau

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Infrastruktur dan konektivitas antar daerah dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan.

Untuk itu Pemerintah Provinsi bersama pemerintah daerah terkait akan membangun dermaga plengsengan penyeberangan lintasan Bakit Kabupaten Bangka Barat dan Tanjung Gudang Kabupaten Bangka.

Hal ini sudah dibahas pada beberapa pertemuan sebelumnya, namun kali ini Dinas Perhubungan Provinsi Bangka Belitung melakukan tindak lanjut,  dengan mengadakan rapat pleno bersama PT Timah Tbk, PT ASDP, PT Pelindo II, KSOP Pangkalbalam, Kades Bakit, BPTD Wilayah VII Prov Sumsel Babel, PUPR Perhubungan, Raharja Panca, dan Camat Parit Tiga, di Ruang Tanjung Pesona Kantor Gubernur, Selasa (18/06).

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Babel, Tajuddin mengatakan bahwa  konektivitas antar pulau merupakan salah satu visi dan misi Gubernur kepulauan Bangka Belitung.

“Seperti yang diketahui, visi misi Gubernur 2017-2022 adalah konektivitas antar daerah, upaya untuk mewujudkan visi tersebut sangat intensif dilakukan,” ujarnya.

Dalam rapat tersebut ada beberapa hal yang menjadi kesepakatan, diantaranya, Pihak ASDP menyediakan kapal penyeberangan untuk melayani lintasan Belinyu – Bakit PP, PT. Timah Tbk membantu dana pembangunan dermaga plesengan untuk tempat sandar kapal penyeberangan di Bakit Bangka Barat, dengan sumber dana CSR.

Kemudian Kepala Desa Bakit menyatakan telah menyiapkan lokasi lahan untuk dermaga penyeberangan dan akses jalan di Bakit, dimana lahan tersebut tidak bermasalah.

Pihak Raharja Panca pun bersedia membantu membangun dermaga plesengan penyeberangan di area lokasi Pelindo II Tanjung Gudang Belinyu.

Dari Pihak PT Pelindo II Pangkalbalam membantu menyediakan lokasi lahan di area pelabuhan Tanjung Gudang, hal ini berdasarkan kerjasama pemanfaatan lahan dengan pemerintah provinsi kepada PT Pelindo II.

Pada pihak pemerintah daerah, Tajuddin , mengimbau agar dokumen perizinan yang diperlukan untuk pembangunan dermaga yang akan dibangun di permudah, sesuai kewenangan yang melekat pada pemerintah daerah masing-masing.

Terakhir, pihak Balai Pengelola Transporasi Darat (BPTD) Wilayah VII Provinsi Sumsel dan Babel siap membantu mempercepat perwujudan pembangunan dermaga Bakit-Tanjung Gudang Belinyu sebagai lintasan penyebrangan perintis, dan KSOP Pangkalbalam akan memfasilitasi perizinan berlayar atau olah gerak kapal yang menjadi kewenangan KSOP Pangkalbalam.

Editor: Evan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved