Berita Belitung

PGN Tak Pernah Keluarkan Pernyataan Gempa Bumi di Belitung, Begini Penjelasan Kepala Meterologi

Selain menggunakan alat deteksi gempa bumi yang dimiliki oleh BMKG, mereka berkoordinasi dengan Pusat Gempa Nasional (PGN)

PGN Tak Pernah Keluarkan Pernyataan Gempa Bumi di Belitung, Begini Penjelasan Kepala Meterologi
Pos Belitung/Disa Aryandi
Charles Siregar 

BANGKAPOS.COM - Kepala Kantor Stasiun Meterologi Kelas III HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan Charles Siregar, Rabu (19/6/2019) sudah melakukan pengecekan secara berulang kali terhadap suara dentuman misterius yang terjadi di sebagian daerah di Desa Air Ketekok, Desa Air Merbau, Desa Pelempang Jaya, Kelurahan Lesung Batang, Kelurahan Pangkallalang, Selasa (11/6) sekitar pukul 19.33 WIB lalu.

Pengecekan itu, selain menggunakan alat deteksi gempa bumi yang dimiliki oleh Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mereka berkoordinasi dengan Pusat Gempa Nasional (PGN). PGN sejak terjadi suara dentuman misterius tersebut hingga kemarin tidak pernah mengeluarkan pernyataan resmi tentang peristiwa di Belitung.

"Kami sudah berulang kali berkoordinasi dengan PGN, mereka tidak pernah mengeluarkan terjadi Gempa Bumi disini (Belitung), angka 2,7 SR (skala richter) dari mana. Karena apabila terjadi gempa bumi, 5 - 7 menit pasti ada rilis remsi dari pusat," kata Charles Siregar kepada posbelitung.co, rabu (19/6/2019).

Kepala BPBD Provinsi Bangka Belitung Mikron Antariksa semula menyebutkan bahwa suara dentumanan misterius di Belitung tersebut merupakan gempa bumi berkekuatan 2,7 SR. 

"Kalau informasi dari PGN itu memang tidak ada terdeteksi gerakan tektonik atau lempeng bumi. Kami tidak bisa pastikan akibat dari apa, tapi yang jelas sesuai dengan bidang kami, yaitu BMKG memberi informasi ke publik apabila terjadi pergerakan bumi," ujarnya.

Charel kembali memastikan potensi gempa bumi yang diakibatkan tektonik atau lempengan tersebut tidak ada di Belitung. Apabila terjadi getaran dibawah SR itu, tentu BMKG akan mengeluarkan rilis resmi. 2,7 SR tersebut, tentu akan membuat seluruh masyarakat di Belitung dan Belitung Timur merasakan getaran.

"Ini hanya beberapa titik saja, termasuk kemarin (selasa) kami pastikan lagi ke PGN dan jawaban dari PGN masih sama (tidak ada gempa bumi). Secara teori itu bukan pergerakan bumi," jelasnya.

(Pos Belitung/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved