Selain Penyakit, Hujan Juga Jadi Pemicu Kerontokan Tanaman Lada

Kondisi alam yang kerap berubah-ubah ataupun curah hujan yang tinggi disertai angin juga menjadi penyumbang terjadinya kerusakan

Selain Penyakit, Hujan Juga Jadi Pemicu Kerontokan Tanaman Lada
(Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)
Penyuluhan oleh Penyuluh Pertanian Lapangan di Desa Nibung 

BANGKAPOS.COM - Permasalahan yang kerap sekali membuat tanaman Lada milik Petani rusak, rontok bahkan sampai mengalami kematian ternyata bukan hanya disebabkan oleh penyakit.

Kondisi alam yang kerap berubah-ubah ataupun curah hujan yang tinggi disertai angin juga menjadi penyumbang terjadinya kerusakan ataupun kerontokan pada tanaman Lada.

Penyuluh Pertanian Pertama Dinas Pangan Bangka Tengah Wilayah Binaan Desa Nibung dan Arung Dalam, Heri menyampaikan kepada Bangkapos.com setidaknya ada dua jenis penyakit yang kerap melanda tanaman lada yaitu Penyakit Kuning dan Busuk Pangkal Batang.

Penyakit Kuning lanjut Heri disebabkan oleh Jamur Akar Putih yang bersarang di tanah dan menyebabkan kekuningan terhadap tanaman Lada.

Untuk pengobatan Penyakit Kuning, Heri menyebutkan lebih baik Petani Lada menggunakan pengobatan Tricodherma.

Sedangkan penyakit Busuk Pangkal Batang disebabkan oleh jamur Phytoptora yang akan menyebabkan pembusukan pada akar tanaman Lada dan menyebabkan kerontokan.

Untuk pengobatannya, Heri menghimbau petani untuk menggunakan Bubur Bordo.

Selain dua penyakit di atas, Heri menyebutkan mengingat kondisi saat ini yang kerap kali terjadi hujan baik siang maupun malam hari juga dapat menjadi penyebab banyak nya buah lada milik petani yang rontok.

"Memasuki tahun panen, kurang lebih 70% hingga 80% buah Lada mulai masak, namun karena cuaca yang terus-menerus hujan disertai angin maka peluang untuk rontok sangat besar," ujar Heri.

Dirinya juga menyebutkan memang cuaca tak bisa diprediksi namun dirinya menghimbau kepada Petani Lada di Bangka Tengah untuk selalu mengawasi pohon Lada masing-masing dan terus menjaga kesehatan Pohon Lada agar tidak merugi.

(Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved