Berita Belitung

Seusai Liburan dan Harga Tiket Pesawat Mahal, Kunjungan Wisnus ke Belitung Menurun dan Wisman Naik

Banyak faktor yang memengaruhi penurunan tersebut dan salah satunya karena mahalnya harga tiket pesawat sebagai akses utama

Seusai Liburan dan Harga Tiket Pesawat Mahal, Kunjungan Wisnus ke Belitung Menurun dan Wisman Naik
Dokumen Pos Belitung
Keindahan Pulau Lengkuas 

BANGKAPOS.COM - Kondisi iklim pariwisata di Kabupaten Belitung pasca perayaan Idul Fitri 1440 hijriah masih belum begitu normal.

Bahkan menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Hermanto pada periode Januari-April tren kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) menurun sekitar 32 persen.

"Kalau khusus wisnus memang trendnya menurun jika dibandingkan tahun lalu untuk jangka waktu Januari-April. ‎Memang sekarang memasuki Juni sudah mulai ada kecenderungan naik, walaupun belum maksimal," ujar Hermanto saat dihubungi posbelitung.co, Rabu (19/6/2019).

‎Menurutnya banyak faktor yang memengaruhi penurunan tersebut dan salah satunya karena mahalnya harga tiket pesawat sebagai akses utama menuju Negeri Laskar Pelangi.

Meskipun demikian, kondisi kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) justru berbanding terbalik.

Dirinya mengklaim semenjak Februari-Maret angka kunjungan wisman mengalami kenaikan sekitar 32 persen, walaupun pada Januari sempat mengalami penurunan.

"Artinya apa, mereka (wisman) tidak terpengaruh terhadap kondisi harga tiket dalam negeri. Karena biasanya mereka sudah merencanakan untuk berwisata jauh hari, sehingga lebih mapan dan tidak menjadi problem, apalagi harga tiket pesawat luar negeri tidak pengaruh," ungkapnya.

Hermanto menyimpulkan, sebagai salah satu 10 Bali baru, Kabupaten Belitung masih memiliki potensi untuk pasar mancanegara.

Menurutnya jika arah marketnya wisatawan mancanegara, maka kondisi tersebut tidak perlu dirisaukan.

"Jadi tinggal kita lebih gencar melakukan promosi untuk meningkatkan minat wisman untuk berkunjung ke Belitung," katanya.

(Pos Belitung/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved