Berita Pangkalpinang

VIDEO : Penjelasan BPBD Babel Terkait Perbedaan Bencana Alam dengan Fenomena Alam

Namun perlu dicari tahu penyebab getaran tersebut, melalui penelitian yang dilakukan oleh pihak terkait. Walaupun gempa di Belitung menurut BPBD ...

BANGKAPOS.COM - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa menjelaskan pengertian tentang gempa bumi.

Ia mengutip Undang-Undang 24 tahun 2007 yang mengatakan jika gempa bumi itu adalah suatu getaran atau pun serangkaian yang terjadi di permukaan bumi, dan ia mengaitkan dengan kejadian getaran di Belitung pekan lalu.

Mikron mengatakan jika terjadinya getaran di Belitung tersebut tidak dikategorikan bencana alam gempa bumi, namun lebih tepat disebut sebagai fenomena alam gempa bumi.

Karena menurut undang-undang 24 tahum 2007 bencana adalah, peritiwa yang disebabkan oleh alam, non alam, atau pun sosial, yang merugikan masyarakat, baik itu merugikan dalam bentuk materi atau pun nyawa.

"Sedangkan yang terjadi di Belitung, dengan kekuatan 2,4 SR itu tidak merugikan masyarakat," ujar Mikron, Selasa (18/6/2019) di ruang kerjanya.

Namun perlu dicari tahu penyebab getaran tersebut, melalui penelitian yang dilakukan oleh pihak terkait. Walaupun gempa di Belitung menurut BPBD bukan bencana alam namun masih sebatas fenomena alam.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap bekerja dan berkatifitas seperti biasanya, karena resiko bencana di Babel sangat kecil, sehingga masih aman untuk masyarakat, namun tetap menjaga kewaspadaan terhadap bencana alam apapun.

(Bangka Pos/Muhammad Rizki)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved