20 Konflik Terjadi Antara Manusia dan Buaya, di Kabupaten Tertinggi

Terkait semakin maraknya konflik yang terjadi antara manusia dan buaya, Pengendali Ekosistem Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam

20 Konflik Terjadi Antara Manusia dan Buaya, di Kabupaten Tertinggi
bangka pos/Muhammad Rizki
Pengendali Ekosistem Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah Sumatera Selatan, Septian Wiguna 

20 Konflik Terjadi Antara Manusia dan Buaya, di Kabupaten Tertinggi

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Terkait semakin maraknya konflik yang terjadi antara manusia dan buaya, Pengendali Ekosistem Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah Sumatera Selatan, Septian Wiguna mengatakan jika pihaknya belum bisa memastikan mengapa banyak buaya yang berada di sekitar pemukiman penduduk.

Ia membenarkan memang banyak lahan kritis di Bangka Belitung (Babel), yang diakibatkan oleh aktivitas manusia, namun ia mengatakan jika hal itu belum tentu yang menjadikan alasan banyak buaya yang berada di pemukiman penduduk yang akhirnya menimbulkan konflik.

Menurutnya untuk memastikan hal tersebut, perlu dilakukan penelitian dan kajian yang mendalam. Dan menurut data yang ia miliki, sepanjang tahun 2019 ini saja sudah ada 20 konflik yang terjadi antara manusia dan buaya.

Dan Kabupaten yang paling sering ditemukan konflik adalah Kabupaten Bangka, yang dalam tiga tahun terakhir sudah ada 16 kasus konflik antara manusia dan buaya.

"Hal ini memang wajar, dikarenakan daerah di Kabupaten Bangka yang banyak rawa-rawa, dan aktifitas manusianya cukup tinggi," ujar Septian.

Sehingga ia mengimbau kepada masyarakat, terutama yang sering beraktifitas di wilayah perairan untuk tetap waspada akan serangan buaya.

Dan untuk mengamati terlebih dahulu keadaan di sekitar sungai, jika keadaan alam disekitar sungai banyak yang rusak, maka potensi serangan oleh hewan buas ini akan semakim besar.

Ia juga mengatakan jika sudah ada masyarakat yang pernah melihat buaya disuatu wilayah perairan, agar sebaiknya menghindar dari lokasi tersebut. Dan bisa langsung menghubungi BKSDA. (Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Tags
BKSDA
BUAYA
Penulis: Maggang (mg)
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved