Dengan e-Purchasing, Belanja Barang dan Jasa Menjadi Efisien dan Efektif

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adakan Workshop Tata Cara Pembelian Barang /Jasa Pemerintah melalui e-Purchasing

Dengan e-Purchasing, Belanja Barang dan Jasa Menjadi Efisien dan Efektif
Khalimo
Dengan e-purchasing, belanja barang dan jasa efisien dan efektif 

BANGKAPOS.COM  – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adakan Workshop Tata Cara Pembelian Barang dan Jasa Pemerintah melalui e-Purchasing yang diharapkan dapat menjadi alternatif dalam pemilihan metode belanja barang dan jasa. Dimana hal ini merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas.

Hal ini disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Yanuar saat membuka acara Workshop di Hotel Cordelia, Kamis (20/06).

Ia mengatakan bahwa tren pelaksanaan barang dan jasa saat ini sudah bergeser pada mekanisme elektronik, sistem ini dianggap lebih unggul dalam hal efisiensi dan efektifitas serta lebih sesuai dengan market place yang berkembang saat ini.

“Dulu sebelum adanya e-catalog ini, kita harus survey ke Jakarta, ke Surabaya sampai kemana-mana. Tapi Alhamdulillah dengan adanya pengadaan melalu e-catalog ini dapat melakukan penghematan waktu dan biaya,” ujar Yanuar.

Kegiatan semacam ini sangat penting untuk mendapatkan pengetahuan, ilmu serta wawasan bagi perangkat daerah melalui Pejabat Pengadaan dan Pejabat Pembuat Komitmen mampu memahami proses transaksi pembelian barang dan jasa.

Dengan diadakan kegiatan seperti ini, juga dapat sebagai wadah diskusi dan bertukar pikiran mengenai permasalahan dan kendala yang selama ini dihadapi oleh perangkat daerah. Sehingga dapat menghasilkan solusi.

“Silakan berdiskusi sebanyak mungkin apa yang perlu ditanyakan, karena ini merupakan ruang bagi kita semua. Sehingga nantinya tidak ada lagi keraguan dalam pelaksanaannya,” imbuhnya.

Lebih jauh ia mengImbau kepada para OPD yang masih banyak kegiatan belanja langsung yang masih banyak belum dilaksanakan. Untuk itu ia menyarankan agar segera dilaksanakan kegiatan-kegiatan penunjukan langsung karena sudah memasuki triwulan ke III.

“Laporan kegiatan penyerapan anggaran kita akan terganggu apabila belum dilaksanakan, saya berharap dapat segera melaksanakan kegiatan-kegiatan penunjukan langsung.” tutupnya.

Penulis/Fotografer : Khalimo

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved