Nilai Indeks Pembangunan Bangka Belitung Memuaskan, Ini Rinciannya

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan nilai indeks pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memuaskan.

Nilai Indeks Pembangunan Bangka Belitung Memuaskan, Ini Rinciannya
Dok Diskominfo
Sekretaris Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Joko Triadhi

Nilai Indeks Pembangunan Bangka Belitung Memuaskan, Ini Rinciannya

BANGKAPOS.COM -- Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan nilai indeks pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memuaskan.

Pasalnya, dari beberapa pilar penilaian tahun 2017 yang dilakukan BPS terhadap pembangunan mendapatkan poin di atas angka empat hingga tujuh poin.

Sekretaris Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Joko Triadhi menjelaskan, kategori penilaian BPS, untuk nilai satu sampai tiga poin masuk kategori tidak memuaskan. Sedangkan nilai empat hingga tujuh kategori memuaskan.

"Sementara penilaian yang mencapai angka delapan sampai sepuluh masuk kategori sangat memuaskan," kata Joko saat dikonfirmasi via WhatsApp, Kamis (20/6/2019).

Kadiskominfo Sudarman Ingin Bangka Belitung Terbebas dari Blank Spot

Ditinjau dari pemerataan pendapatan dan pengurangan kemiskinan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berada di posisi pertama dengan 7,76 poin. Kemudian diikuti Provinsi Kalimantan Selatan 7,62 lalu Provinsi Kalimantan Tengah dengan nilai 7,50 poin.

Data BPS tersebut menunjukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapatkan nilai indek pemerataan pendapatan dan pengurangan kemiskinan tertinggi se Indonesia. Sementara indek pembangunan ekonomi inklusif tingkat provinsi tahun 2017 Bangka Belitung mendapat nilai 6,25 poin.

Nilai tersebut menempatkan posisi Bangka Belitung di urutan keenam. Adapun lima provinsi yang berada di urutan atas yakni, DKI Jakarta menempati urutan pertama dengan nilai 7,36 poin kemudian disusul Provinsi Bali dengan 6,49 poin dan Provinsi DI Yogyakarta dengan 6,44 poin.

Posisi keempat diisi Provinsi Kepulauan Riau dengan nilai 6,31 poin. Sedangkan Provinsi Jawa Tengah hanya tertaut dua poin dengan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sebab Provinsi Jawa Tengah berada di posisi kelima dengan perolehan nilai 6,27 poin.

Jika berdasarkan pilar pertumbuhan ekonomi, posisi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menempati urutan ke 12 se Indonesia dengan nilai pertumbuhan 5, 37 poin.

Sementara dalam hal pilar perluasan akses dan kesempatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berada di urutan kelima. Posisi tersebut setelah berhasil mendapatkan penilaian 6,83 poin.

Provinsi DI Yogyakarta berada di posisi pertama dengan nilai 7,83 poin dalam hal pilar perluasan akses dan kesempatan. Kemudian disusul posisi dua yakni Provinsi Bali dengan nilai 7,11 poin.

"Urutan ketiga Provinsi Jawa Tengah 7,05 poin dan Provinsi Kalimantan Timur di urutan keempat dengan 7,01 poin," jelas Joko.

Editor: Evan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved