Berita Pangkalpinang

Sate Ikan Lele Jadi Andalan Tim PKK Kecamatan Bukit Intan

Kecamatan Bukit Intan berhasil meraih juara pertama untuk lomba masak serba ikan yang diadakan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang

Sate Ikan Lele Jadi Andalan Tim PKK Kecamatan Bukit Intan
Bangka Pos/Ira Kurniati
Kecamatan Bukit Intan berhasil meraih juara pertama untuk lomba masak serba ikan yang diadakan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang, Kamis (20/6/2019). 

BANGKAPOS.COM - Kecamatan Bukit Intan berhasil meraih juara pertama untuk lomba masak serba ikan yang diadakan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang, Kamis (20/6/2019).

Ada tiga kategori menu yang ditampilkan Tim PKK Kecamatan Bukit Intan, diantaranya menu keluarga, menu balita dan kudapan. Menu keluarga yang diandalkan sate lele bumbu acar yang dipadukan dengan nasi putih. Untuk menu balita mereka menyajikan spagheti ikan tenggiri, sedangkan kudapan yang dihidangkan ada kue srikaya ikan tenggiri.

PHL Kesra bagian PKK Kecamatan Bukit Intan, Emilia Furkana, mengatakan tak hanya menu makanan yang disajikan oleh tim PKK mereka tetapi juga ada minuman dan buah. Minuman yang disajikan berupa es sawo kelapa muda serta asinan buah rukem (buah lokal masyarakat Bangka).

Emilia mengatakan jenis ikan untuk menu keluarga dan balita sudah ditentukan oleh panitia lomba. Hanya saja mereka melakukan kreasi agar terlihat unik dan menarik sehingga terciptalah sajian berupa sate dan spagheti.

"Sebelumnya kami sudah pernah mengikuti lomba ini. Ditahun 2017 lalu kami mendapatkan juara harapan 1. Berselang tahun berikutnya tidak diadakan dan alhamdulillah tahun ini naik level menjadi juara 1," ujar Emilia kepada bangkapos.com.

Dia menuturkan, proses memasak yang dilakukan di tempat hanya untuk menu keluarga. Sedangkan menu balita dan hidangan lain sudah terlebih dahulu disiapkan di rumah, hanya saja penyajian dan penataan menu yang akan ditampilkan di lakukan di lokasi acara di Balai Benih Ikan Lokal Pangkalpinang.

Emil mengaku tidak ada rintangan yang berat dalam memasak menu sate ikan lele tadi, lantaran kekompakan dari dua juru masak dan satu orang pendamping sehingga masakan tim mereka dapat rampung hanya dalam waktu 30 menit.

Dia berharap dengan lomba yang dilaksanakan ini dapat meningkatkan kreativitas dari masing-masing tim Kecamatan untuk dapat menyajikan olahan berbahan dasar ikan sebagai masakan keluarga, yang nantinya dapat disebarluaskan kepada masyarakat sekitar sehingga tiap harinya konsumsi ikan dengan beragam cara pengolahan.

(Bangka Pos/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved