Berita Pangkalpinang

Wali Kota Akan Benah BBIL Pangkalpinang

Molen sapaan akrabnya, mengatakan dengan kehadiran BBIL juga dapat meningkatkan kesejahteraan pengurusnya dan sektornya dapat menaikkan PAD

Wali Kota Akan Benah BBIL Pangkalpinang
Bangka Pos/Ira Kurniati
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil saat mengunjungi BBIL Pangkalpinang, Kamis (20/6/2019) 

BANGKAPOS.COM -- Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil berencana akan menjadikan BBIL Pangkalpinang (Balai Benih Ikan Lokal) yang berlokasi di kawasan Ketapang satu paket mulai dari lahan ternak, padi dan sekaligus ikan. Dia mengatakan, lokasi seluas 22 hektar ini bisa menjadi aset Pangkalpinang jika dikelola dengan baik.

Molen sapaan akrabnya, mengatakan dengan kehadiran BBIL juga dapat meningkatkan kesejahteraan pengurusnya dan sektornya dapat menaikkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) untuk Pangkalpinang.

Ia menuturkan selama ini BBI belum dikelola dengan baik dari segi anggaran pun masih terbilang kecil yakni Rp 280 juta per tahun. Itu pun termasuk gaji pegawai dan biaya pengelolaan hanya Rp 28 juta per tahun. Sedangkan hasil yang didapatkan hanya sebesar Rp 8 juta. Dia menyebut, masih kurang maksimal untuk pengelolaan ini.

"Ini pertama kali saya ke BBIL dan ternyata luar biasa aset Pangkalpinang. Saya sudah perintahkan untuk dipagar keliling. Saya ingin ini menjadi satu kawasan, untuk ternak, padi dan ikan. Satu kesatuan di sini semua," ujar Molen, Kamis (20/6/2019).

Menurut Molen, dari jumlah kolam ikan yang dimiliki BBIL yakni 10 kolam, satu kolam saja bisa menghasilkan 50 ton dalam sebulan sehingga kalau ditotal yang dihasilkan dalam setahun bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta. Dia berharap rencana ini dapat segera terealisasi dan meminta dukungan dari seluruh pihak terkait.

(Bangka Pos/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved