Berita Pangkalpinang

Berikut Penjelasan Keterlambatan Penyerahan LKPD Babel kepada BPK

Kepala BPK Provinsi Babel Widi Widianto menjelaskan alasan keterlambatan pemprov Babel

Berikut Penjelasan Keterlambatan Penyerahan LKPD Babel kepada BPK
(Muhammad Rizki/R1)
Penyerahan LHP BPK RI, di ruang rapat paripurna DPRD Provinsi Babel. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala perwakilan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Provinsi Babel Widi Widianto menjelaskan alasan keterlambatan pemprov Babel menyerahkan LKPD kepada BPK.

Ia mengatakan akhir maret pemprov sudah memberikan laporan keuangan (LK), namun berdasarkan prosedur analitis yang dilakukan BPK, LK tersebut belum layak untuk diaudit.

Hal tersebut disampaikan Widi pada saat Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK RI) kembali memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada provinsi Babel untuk yang kedua kalinya, pada rapat paripurna penyerahan laporan hasil pemeriksaan badan keuangan RI (LHP BPK RI), di ruang rapat paripurna DPRD Bangka Belitung, Jumat (21/06/2019).

Setidaknya ada empat alasan BPK tidak bisa menerima LK tersebut, pertama prosedur analitis yang dilakukan terhadap tujuh laporan yang termuat dalam LK menunjukkan bahwa belum saling berkaitan satu sama lain.

Beberapa laporan tersebut seperti neraca, laporan realisasi anggaran, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas, dan catatan atas laporan keuangan, dinilai BPK belum saling berkaitan

Alasan kedua kelengkapan dalam LHK belum disertakan dengan lengkap, ketiga catatan atas laporan keuangan belum disusun dikarenakan lampiran pendukungnya tidak lengkap, dan yang terakhir mengapa BPK tidak bisa menerima LHK pada maret 2019 adalah hasil review inspektorat belum disertakan

Kemudian pada tanggal 22 april 2019 barulah LK provinsi babel disampaikan kembali kepada BPK, dan setelah dilakukan review maka laporan tersebut dinyatakan layak untuk diaudit.

"Dengan demikian bisa dinyatakan disini bahwa LK pemprov terlambat disampaikan kepada BPK," ujar Widi, Jumat (21/6) saat rapat.

(Bangkapos/Muhammad Rizki/R1)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved